PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS 3 MAN 1 MEDAN T.P 2013/2014

Khoirum, Rina (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS 3 MAN 1 MEDAN T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 709141190 COVER.pdf]
Preview
Text
709141190 COVER.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 709141190 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
709141190 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (587kB) | Preview
[thumbnail of 709141190 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
709141190 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview
[thumbnail of 709141190 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
709141190 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 709141190 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
709141190 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 709141190 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
709141190 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 709141190 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
709141190 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 709141190 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
709141190 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 709141190 BAB I.pdf]
Preview
Text
709141190 BAB I.pdf - Published Version

Download (577kB) | Preview
[thumbnail of 709141190 BAB V.pdf]
Preview
Text
709141190 BAB V.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[thumbnail of 709141190 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
709141190 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi di kelas XI IPS 3 MAN 1 Medan T.P 2013/2014 melalui penerapan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) dengan Strategi Pembelajaran Learning Start With A Question. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Medan T.P 2013/2014 dengan subjek adalah siswa kelas XI IPS 3 yang berjumlah 32 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk melihat hasil belajar akuntansi dan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar akuntansi siswa. Sedangkan teknik analisis data adalah dengan data kuantitatif dan data kualitatif. Dari hasil obervasi yang telah dilakukan diperoleh hasil aktivitas siswa pada siklus I siswa yang masuk dalam kategori aktif sebesar 11 (34,38%) dan dari hasil belajar siswa terdapat 18 orang siswa (56,25%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 84,28. Karena persentase siswa yang aktif belum mencapai indikator keberhasilan klasikal 76% dan ketuntasan belajar siswa juga belum mencapai indikator keberhasilan hasil belajar yaitu 80% maka penelitian ini dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II terdapat 28 orang siswa (87,5%) yang masuk dalam kategori aktif. Sedangkan dari hasil belajar siswa terdapat 28 orang siswa (87,5%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 88,37. Karena aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa pada siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan, maka penelitian tidak perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya. Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar akuntansi siswa antara siklus I dan siklus II yang diperoleh dengan membandingkan nilai thitung 3,07 > ttabel 2,03. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapanmodel pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) dengan Strategi Pembelajaran Learning Start With A Question di kelas XI IPS 3 MAN 1 Medan T.P 2013/2014 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 657.071 2 Kho p
Keywords: Model Pembelajaran TAPPS; Strategi Pembelajaran; Learning Start With a Question; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 29 Aug 2016 09:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14230

Actions (login required)

View Item
View Item