Fani, Desy Tri (2014) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DI KELAS X AKUNTANSI SMK SULTAN ISKANDAR MUDA MEDAN T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103142014 COVER.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
7103142014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
7103142014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
7103142014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
7103142014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
7103142014 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7103142014 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7103142014 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7103142014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (562kB) | Preview
7103142014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
7103142014 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK Sultan Iskandar Muda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK Sultan Iskandar Muda Medan melalui penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dengan Strategi Pembelajaran Everyone is a Teacher Here di kelas X Akuntansi SMK Sultan Iskandar Muda Medan Tahun pembelajaran 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Sultan Iskandar Muda Medan Tahun pembelajaran 2013/2014 dengan subjek siswa kelas X Akuntansi B yang berjumlah 28 orang. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa dan tes hasil belajar siswa. Sedangkan untuk analisa data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu kuantitatif dan kualitatif.Dari hasil analisis diperoleh data observasi sebagai hasil pengamatan aktivitas belajar siswa yang telah dilakukan memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 28,75% (Siklus I 50% sedangkan Siklus II 78,75%). Hasil data pretest sebagai hasil belajar awal siswa dengan 46,43% yang tuntas dengan nilai rata-rata 60,86. Data postes siklus I siswa yang memenuhi ketuntasan sebesar 71,42 % dengan nilai rata-rata 75,86 sedangkan data pada postes siklus II siswa yang memenuhi ketuntasan sebesar 92,85% dengan nilai rata-rata 81,46. Berarti ada peningkatan hasil belajar siswa dari postes siklus I ke postes siklus II sebesar 21,43 %. Pada uji signifikan hasil belajar siswa antar siklus diperoleh bahwa t hitung > t tabel (7,18 > 2,05). Hal ini menunjukan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antar siklus.Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Pembelajaran Reciprocal Teaching dengan Strategi Pembelajaran Everyone is a Teacher Here dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siwa kelas X Akuntansi B SMK Sultan Iskandar Muda Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 9 Fan u |
Keywords: | Model Pembelajaran; Reciprocal Teaching; Everyone is a Teacher Here; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 08:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14229 |