Hasni, Nurmayda (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN METODE RESITASI MENGGUNAKAN LKS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IS-1 SMA NEGERI 1 HAMPARAN PERAK T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103142055 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
7103142055 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (432kB) | Preview
7103142055 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
7103142055 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
7103142055 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
7103142055 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7103142055 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
7103142055 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7103142055 BAB I.pdf - Published Version
Download (613kB) | Preview
7103142055 BAB V.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
7103142055 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IS-1 SMA Negeri 1 Hamparan Perak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan model pembelajaran Student Teams Achievement Division dan metode resitasi menggunakan lembar kerja siswa di kelas XI IS-1 SMA Negeri 1 Hamparan Perak T.P 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Hamparan Perak T.P 2013/2014 dengan subjek siswa kelas XI IS-1 yang berjumlah 29 orang. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division dan metode resitasi menggunakan LKS. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan analisis kualitatif.Berdasarkan analisis data, aktivitas siswa pada siklus I 44,83% meningkat menjadi 75,86% pada siklus II. Indikator ketuntasan aktivitas secara klasikal adalah 71,88%, terdapat peningkatan aktivitas sebesar 31,03%. Hasil belajar sebelum penerapan yaitu dari 29 siswa hanya 6 siswa (20,69%) yang tuntas belajar dengan rata-rata nilai 64,66. Siklus I terdapat 18 siswa (62,07%) yang tuntas belajar dengan nilai rata-rata menjadi 74,66 atau terjadi peningkatan 10 poin. Siklus II terdapat 27 siswa (93,1%) yang tuntas belajar dengan nilai rata-rata 82,59 atau mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 7,93 poin. Indikator ketuntasan belajar klasikal yaitu 90% siswa harus memperoleh nilai 75. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan antara sikus I dan siklus II, dengan nilai thitung > ttabel (10,34 > 2,0484).Kesimpulan penelitian bahwa penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division dan metode resitasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar menyusun laporan keuangan perusahaan jasa di kelas XI IS-1 SMA Negeri 1 Hamparan Perak T.P 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Has p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Student Teams Achievement Division (STAD); LKS; Metode Resitasi; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 09:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14228 |