Mardina, Lisa (2014) PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANGTUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI MAS NURUL HIKMAH TINJOWAN T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103141074 COVER.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
7103141074-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (887kB) | Preview
7103141074-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
7103141074-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
7103141074-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
7103141074-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
7103141074-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
7103141074-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
7103141074-BAB I.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
7103141074-BAB V.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
7103141074-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan antara kondisi sosial ekonomi orangtua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI MAS Nurul Hikmah Tinjowan T.A 2013/2014. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh kondisi sosial ekonomi orangtua dan motivasi belajar tehadap prestasi belajar ekonomi. Penelitian ini dilaksanakan di MAS Nurul Hikmah Tinjowan Jalan Mesjid taqwa kecamatan Ujung Padang Kabupaten Simalungun Kode Pos 21187. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAS Nurul Hikmah Tinjowan yang berjumlah 112 orang. Sedangkan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah secara acak yaitu berjumlah 53 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan SPSS 16. Selanjutnya untuk menguji hipotesis secara parsial digunakan uji t dan secara simultan digunakan uji f.Hubungan antara variabel kondisi sosial ekonomi orangtua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI MAS Nurul Hikmah Tinjowan ditunjukkan oleh persamaan regresi berganda yaitu : Y = 35,223 + 0,344X_1 + 0,242X_(2 ). Hasil pengujian determinasi menunjukkan nilai (R^2 ) sebesar 42,1% mengindikasikan bahwa variabel independen dalam penelitin ini yang terdiri dari kondisi sosial ekonomi orangtua dan motivasi belajar mampu menjelaskan variabilitas variabel dependen sebesar 42,1%. Sementara itu, sisanya sebesar 57,9% dijelaskan oleh variabel lain diluar variabel penelitian ini.Untuk uji t variabel kondisi sosial ekonomi orangtua nilai t_hitung > t_tabel yaitu 3,834 > 1,675 dan variabel motivasi belajar nilai t_hitung > t_tabel yaitu 2,176 > 1,675 yang berarti hipotesis diterima. Hipotesis menunjukkan besarnya nilai Uji F_hitung> F_tabel yaitu 18,198 > 3,18 sehingga hipotesis diterima.Kesimpulan penelitian ada pengaruh yang positif dan signifkan kondisi sosial ekonomi orangtua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI MAS Nurul Hikmah T.A 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Mar p |
Keywords: | Hakekat; Kondisi; Sosial Ekonomi; Orangtua; Motivasi; Prestasi; Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 08:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14227 |