Canelisa, Deti (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI PADA MATERI KONSUMSI TABUNGAN DAN INVESTASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SERBAJADI T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103341024 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
7103341024 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (447kB) | Preview
7103341024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
7103341024 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
7103341024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
7103341024 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
7103341024 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
7103341024 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
7103341024 BAB I.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
7103341024 BAB V.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
7103341024 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar ekonomi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar yang signifikan di kelas X-a SMA Negeri 1 Serbajadi Tahun Pembelajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Serbajadi pada semester genap dengan subjek penelitian siswa kelas X-a yang berjumlah 40 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Sedangkan teknik analisis data adalah dengan data kualitatif dan kuantitatif. Dari data nilai hasil belajar siswa pada siklus I, jumlah siswa yang tuntas belajar adalah 45% atau 18 orang siswa dengan nilai rata-rata 71,625 sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas hasil belajarnya ada 87,5% atau 35 orang siswa dengan nilai rata-rata 81,375, terjadi peningkatan sebesar 42%. Dari hasil perhitungan peningkatan hasil belajar ekonomi siswa dari siklus I ke siklus II didapat thitung > ttabel yaitu 10,93 > 2,02 sehingga peningkatan hasil belajar ekonomi siswa kelas X-a SMA Negeri I Serbajadi T.P 2013/2014 pada saat post test siklus I dan post test siklus II adalah positif signifikan. Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Make a Match pada materi konsumsi, tabungan dan investasi dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas X-a SMA Negeri 1 Serbajadi T.P 3013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Can p |
Keywords: | Model; Pembelajaran; Make A Match; Hasil Belajar; Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 08:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14226 |