Sari, Evi Novita (2014) HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMK KARYA BAKTI T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7101141008 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
7101141008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (688kB) | Preview
7101141008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
7101141008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
7101141008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
7101141008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
7101141008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7101141008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
7101141008 BAB I.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
7101141008 BAB V.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
7101141008 DAFATR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMK Karya Bakti T.A. 2013/2014.Penelitian dilaksanakan di SMK Swasta Karya Bakti. Populasi dalam penelitian ini, siswa kelas XI SMK Karya Bakti sebanyak 40 orang. Sampel dalam penelitian ini merupakan total unit populasi yaitu sebanyak 40 siswa. Teknik pengumpulan menggunakan observasi, angket dan studi dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan analisis korelasi ganda.Hasil penelitian dan pengujian hipotesis disimpulkan bahwa: (1) ada hubungan yang berarti atau signifikan antara persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru dengan prestasi belajar ekonomi siswa dengan nilai rx1y > rtabel yaitu 0,529 > 0,312 serta thitung > ttabel yaitu 3,654 > 1,68 dan Sig 0,001 < 0,05. Hasil angket menunjukkan bahwa mayoritas siswa (65%) kelas XI SMK Karya Bakti Medan T.A. 2013/2014 memiliki persepsi atau menilai kemampuan mengajar guru ekonomi tergolong kategori baik dengan rata-rata skor sebesar 85,72; (2) ada hubungan yang berarti atau signifikan antara motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar ekonomi siswa dengan rx2y > rtabel yaitu 0,471 > 0,312 serta nilai thitung > ttabel yaitu 3,100 > 1,68 dan nilai Sig 0,004 < 0,05. Hasil angket menunjukkan bahwa mayoritas siswa (80%) memiliki motivasi belajar tergolong baik sekali dengan rata-rata skor motivasi sebesar 78,88; dan (3) ada hubungan yang berarti atau signfikan antara persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMK Karya Bakti T.A. 2013/2014 dengan nilai R > rtabel yaitu 0,655 > 0,312 serta Fhitung > Ftabel yaitu 13,867 > 3,255 dan Sig 0,000 < 0,05. Persamaan regresi linier ganda yaitu Y = 7,438 + 0,347X1 + 0,576X2 yang berarti bahwa semakin baik persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru dan semakin baik motivasi belajar siswa maka prestasi belajar ekonomi siswa juga akan semakin baik pula. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas siswa (65%) memiliki prestasi belajar ekonomi tergolong kategori baik dengan rata-rata nilai sebesar 84,0.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 9 Sar h |
Keywords: | Persepsi; Siswa; Keterampilan; Guru; Motivasi; Belajar; Hubungan |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 08:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14222 |