Manik, Nelly Septika (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION(STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS EKONOMI SISWA KELAS VIII-ESMP NEGERI 1SIGUMPAR T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103141090 COVER.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
7103141090 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (373kB) | Preview
7103141090 PREFACE.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
7103141090 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
7103141090 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
7103141090 TABLES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7103141090 APPENDICES SHEET.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7103141090 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (499kB) | Preview
7103141090 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
7103141090 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
7103141090 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPS ekonomi siswa.” Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS ekonomi siswa dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division.Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1Sigumpar yang beralamat di jalan Silimbat No.2 Kabupaten Toba Samosir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-E yang berjumlah 27 orang dan objeknya adalah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif TipeStudent Teams Achievement Division. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi aktivitas siswa dan hasil belajar yang berbentuk pilihan berganda. Teknik analisis data dilakukan dengan cara data kuantitatif dan data kualitatif.Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I menunjukkan 4 orang (14,8%) untuk kriteria sangat aktif, 12 orang (44,4%) untuk kriteria aktif, 2 orang (7,4%) untuk kriteria cukup aktif, 5 orang (18,6%) untuk kriteria kurang aktif dan 4 orang (14,8%) untuk kriteria tidak aktif. Sedangkan siklus II menunjukkan 6 orang siswa (22,2%) untuk kriteria sangat aktif, 16 orang siswa (59,3%) untuk kriteria aktif, 1 orang siswa (3,7%) untuk kriteria cukup aktif, 3 orang siswa (11,1%) untuk kriteria kurang aktif, dan 1 orang (3,7%) untuk kriteria kurang aktif. Data hasil belajar dari siklus I sebanyak 18 orang (66,7%) dinyatakan tuntas dan 9 orang (33,3%) dinyatakan tidak tuntas. Sedangkan pada siklus II sebanyak 23 orang siswa (85,2%) dinyatakan tuntas dan 4 orang (14,8%) dinyatakan tidak tuntas. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif TipeStudent Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS Ekonomi siswa kelas VIII-E SMP Negeri 1Sigumpar T.P 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Man p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Kooperatif STAD; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Hipotesis Tindakan |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 07:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14215 |