Samosir, Rina (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KONSUMSI, TABUNGAN, DAN INVESTASI DI KELAS X SMA RAKSANA MEDAN T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103141115 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
7103141115 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (561kB) | Preview
7103141115 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
7103141115 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
7103141115 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
7103141115 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
7103141115 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7103141115 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
7103141115 BAB I.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
7103141115 BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
7103141115 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap hasl belajar siswa pada materi pokok Konsumsi, Tabungan, dan Investasi di kelas X SMA Raksana Medan T.P 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi seluruh siswa kelas X SMA Raksana Medan yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan secara acak dengan teknik Cluster Random Sampling yaitu kelas yang terdiri dari 35 siswa sebagai kelas eksperimen, dan kelas yang terdiri dari 35 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu telah diuji validitasnya, reliabilitasnya, tingkat kesukaran dan daya beda. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan uji “t”.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Two Stay Two Stray lebih tinggi dari hasil belajar belajar siswa yang mengguanakan metode pembelajaran konvensional. Hasil uji statistik menunjukkan nilai rata- rata pretes dan posttest kelas eksperiman adalah 34,86 dan 76,28, sedangkan rata-rata pretest dan posttest kelas kontrol adalah 35,43 dan 64,14. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh yaitu 4,64 > 1,99 pada taraf signifikan 95 % dan α=0,05. Hal ini berarti bahwa diterima dan ditolak yang menyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Konsumsi, Tabungan, dan Investasi di kelas X SMA Raksana Medan T.P 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.071 Sam p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Hasil Belajar; Siswa; Kooperatif |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 07:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14213 |