Simamora, Tuti Sulastri (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SURAT-MENYURAT SISWA DI SMK BM TELADAN MEDAN T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103341119 COVER.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
7103341119 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
7103341119 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
7103341119 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
7103341119 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
7103341119 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
7103341119 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
7103341119 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
7103341119 BAB I.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
7103341119 BAB V.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
7103341119 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar surat-menyurat siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar surat-menyurat siswa di kelas X AP SMK BM Teladan Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Penelitian ini dilaksanakan di SMK BM Teladan Medan yang beralamat di Jl. Pukat IV no. 52 Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AP dengan jumlah siswa 25 orang. Objek penelitiannya adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukan adanya peningkatan aktivitas belajar dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh 16% atau 4 orang siswa yang termasuk kategori aktif. Sedangkan pada siklus II diperoleh 80% atau 20 orang siswa dalam kategori aktif. Maka terjadi peningkatan sebesar 64% . Selanjutnya dari hasil penelitian diperoleh data nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pretest dengan nilai rata-rata 33,8. Selanjutnya dari data nilai hasil belajar siswa pada siklus I jumlah siswa yang tuntas belajar adalah 10 orang siswa atau 40% dengan rata-rata 55, sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas belajarnya ialah 20 orang siswa atau 80% dengan nilai rata-rata 80,48 terjadi peningkatan sebesar 40%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X AP SMK BM Teladan Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 651.750 719 Sim p |
Keywords: | Pembelajaran Kooperatif; Hasil Belajar; Aktivitas Belajar; Guru; Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 08:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14204 |