Karmini (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MENANGANI SURAT/DOKUMEN KANTOR KELAS XI AP SMK SWASTA SRI LANGKAT TANJUNG PURA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7102141021 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
7102141021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (469kB) | Preview
7102141021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
7102141021 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
7102141021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
7102141021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7102141021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
7102141021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7102141021 BAB I.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
7102141021 BAB V.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
7102141021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan metode pembelajaran yang hanya bersifat konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match pada mata pelajaran menangani surat/dokumen kantor kelas XI AP SMK Swasta Sri Langkat Tanjung Pura Tahun Pembelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Sri Langkat Tanjung Pura beralamat di Jalan Madrasah No. 7 Tanjung Pura. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI AP SMK Swasta Sri Langkat Tanjung Pura yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 60 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah yaitu dengan mengambil keseluruhan populasi dalam penelitian, yaitu seluruh kelas XI AP SMK Swasta Sri Langkat Tanjung Pura Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 60 orang dimana sampel terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang masing-masing berjumlah 30 orang di kelas eksperimen dan 30 orang di kelas kontrol. isntrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar menangani surat/dokumen kantor dalam bentuk objektif tes sebanyak 20 item. Dari data hasil tes belajar menunjukkan nilai rata-rata post-test siswa kelas eksperimen 71,66 dengan standar deviasi 9,58 dan nilai rata-rata post-test kelas kontrol 64,16 dengan standar deviasi 9,19. Pengujian hipotesis dilakukan dengan rumus Uji “t” dengan dk = (n1 + n2 - 2) pada taraf signifikansi sebesar 95% atau α = 0,05. Dari data perhitunga hipotesis diperoleh thitung sebesar 3,004 dan ttabel sebesar 1,669. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan thitung > ttabel yaitu 3,004 > 1,669 dengan kata lain hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa Ada Pengaruh yang positif dan signifikan Penggunaan Model Pembelajaran Make a Match terhadap Hasil Belajar Siswa Menangani Surat/Dokumen Kantor Pada Kelas XI AP SMK Swasta Sri Langkat Tanjung Pura Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 651.750 719 Kar p |
Keywords: | Pembelajaran Kooperatif; Model Pembelajaran; Hasil Belajar; Pembelajaran Konvensional; Siswa; Guru |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 07:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14202 |