UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN MENANGANI SURAT DAN DOKUMEN DI SMK MARISI MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014

Siburian, Ester (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN MENANGANI SURAT DAN DOKUMEN DI SMK MARISI MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 7103141044 COVER.pdf]
Preview
Text
7103141044 COVER.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 7103141044 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
7103141044 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (551kB) | Preview
[thumbnail of 7103141044 PREFACE.pdf]
Preview
Text
7103141044 PREFACE.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 7103141044 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
7103141044 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 7103141044 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
7103141044 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 7103141044 TABLES.pdf]
Preview
Text
7103141044 TABLES.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 7103141044 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7103141044 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 7103141044 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7103141044 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 7103141044 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
7103141044 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (569kB) | Preview
[thumbnail of 7103141044 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
7103141044 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of 7103141044 BIBILIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
7103141044 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran menangani surat dan dokumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar menangani surat dan dokumen di kelas X AP SMK Marisi Medan setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Marisi Medan yang berlokasi di Jalan Guru Sinumba No. 2 Helvetia Timur Medan T.A 2013/2014. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AP 2 yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari empat (4) tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase nilai pre tes siswa yang tuntas adalah 26,66%. Rata-rata post test siklus I dengan rata-rata yang tuntas 53,33% berarti ada peningkatan hasil belajar siswa sebesar 26,67%. Sedangkan, data post test siklus II dengan rata-rata ketuntasan nilai hasil belajar siswa 86,67% berarti ada peningkatan hasil belajar siswa dari post test siklus I ke post test siklus II sebesar 33,33%. Hasil observasi yang telah dilakukan menunjukkan peningkatan aktivitas siswa sebesar 22,83% (Siklus I 58,5% sedangkan Siklus II 81,33%) Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar menangani surat dan dokumen dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Tipe STAD di Kelas X AP SMK Marisi Medan Tahun Ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 651.750 719 Sib u
Keywords: Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Siswa; Guru; Pembelajaran Kooperatif
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mrs Intan Nurhidayati
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 29 Aug 2016 07:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14199

Actions (login required)

View Item
View Item