Jamilah, Jamilah (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE TEAM QUIZ DENGAN PEMBERIAN HANDOUT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X MAN TANJUNG MORAWA T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7102141019 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
7102141019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
7102141019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
7102141019 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7102141019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
7102141019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
7102141019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
7102141019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
7102141019 BAB I.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
7102141019 BAB V.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
7102141019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya hasil belajar siswa.” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe team quiz dengan pemberian handout terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X MAN Tanjung Morawa T.P. 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di MAN Tanjung Morawa Jalan Limau Manis Pasar XV Desa Medan Senembah Kode Pos 20362. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X yang terdiri dari 5 kelas. Sedangkan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan menggunakan 2 kelas yaitu kelas X-4 sebagai kelas eksperimen dan Kelas X-5 sebagai kelas kontrol, yang masing-masing kelas terdiri dari 30 siswa dengan jumlah total 60 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berbentuk tes pilihan berganda sebanyak 20 item soal.Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pretest siswa kelas eksperimen = 42,83 dengan standar deviasi = 11,94 dan nilai rata-rata posttest siswa setelah menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe team quiz dengan pemberian handout = 74,33 dengan standar deviasi 11,58. Sedangkan nilai rata-rata pretest siswa kelas kontrol = 43 dengan standar deviasi = 12,91 dan nilai rata-rata posttest siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional = 59,67 dengan standar deviasi 14,14. Dari analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar berdistribusi normal (Lhitung < Ltabel) dan homogen (Fhitung < Ftabel). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan diperoleh thitung > ttabel (4,3630 >2,0021), yang berarti hipotesis dapat diterima antara variabel X dan Y pada taraf signifikan 95% atau α = 0,05 dengan dk = n1 + n2 – 2 = 58Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan strategi pembelajaran aktif tipe team quiz dengan pemberian handout terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X MAN Tanjung Morawa T.P. 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Jam p |
Keywords: | Strategi; Pembelajaran; Team Quiz; Aktif; Media; Handout; Model; Konvensional; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 06:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14180 |