Handayani, Rizka (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MENGAPLIKASIKAN KETERAMPILAN DASAR KOMUNIKASI DI SMK PUTRA ANDA BINJAI T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103141117 COVER.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
7103141117 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
7103141117 PREFACE.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
7103141117 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
7103141117 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
7103141117 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7103141117 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7103141117 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (423kB) | Preview
7103141117 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
7103141117 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya nilai hasil belajar mengaplikasikan keterampilan dasar komunikasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar mengaplikasikan keterampilan dasar komunikasi di SMK Putra Anda Binjai T.P 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Putra Anda Binjai yang berlokasi di Jalan W.R Mongonsidi No. 22 Binjai pada T.P 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI AP SMK Putra Anda Binjai yang berjumlah 110 orang yang terdiri dari 3 kelas. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah acak sederhana dimana sampel dalam penelitian ini ada dua kelas, yaitu kelas XI AP-3 sebanyak 30 orang sebagai kelas eksperimen dan XI AP-2 sebanyak 30 orang sebagai kelas kontrol. Intrumen penelitian yang digunakan adalah tes pelajaran mengaplikasikan keterampilan dasar komunikasi dalam bentuk objektif tes sebanyak 20 butir soal, dimana sebelumnya telah diuji cobakan untuk mengetahui tingkat validitas tes, reliabilitas tes, daya pembeda tes, dan tingkat kesukaran.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Make A Match lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode Konvensional. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Make A Match adalah pretest sebesar 46,3 dan postest sebesar 80,5 sedangkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode Konvensional adalah pretest sebesar 41,67 dan postest sebesar 77,16. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,352 > 1,671 pada taraf signifikan 95% dan α 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang postif dan signifikan model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar mengaplikasikan keterampilan dasar komunikasi di SMK Putra Anda Binjai T.P 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 650 Han p |
Keywords: | Hasil Belajar; Keterampilan Dasar; Komunikasi; Guru; Murid |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 06:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14175 |