Pasaribu, Sarmauli (2014) PENGARUH KONDISI EKONOMI ORANGTUA DAN PENDIDIKAN ORANGTUA TERHADAP MOTIVASI MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 GAROGA TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103141132 COVER.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
7103141132 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
7103141132 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
7103141132 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
7103141132 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
7103141132 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7103141132 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
710341132 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7103141132 BAB I.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
7103141132 BAB V.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
7103141132 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi yang dipengaruhi oleh kondisi ekonomi orangtua dan pendidikan orangtua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh kondisi ekonomi orangtua dan pendidikan orangtua terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XI SMA N 1 Garoga Tahun Ajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA N 1 Garoga Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 120 orang, dan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampel yang diambil secara acak (Random Sampling) berjumlah 60 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi dan angket. Uji validitas untuk analisis butir angket menggunakan rumus korelasi product moment, reliabilitasnya dihitung dengan menggunakan rumus cronbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi (uji normalitas dan uji linearitas), regresi linear berganda, uji t dan uji F. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan program SPSS 19.0 diperoleh persamaan regresi linear berganda Y= 21,686 + 0,351X1 + 0,235X2. Selanjutnya variabel kondisi ekonomi orangtua(X1) memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap motivasi melanjutkan pendidikan dengan nilai sig < 0,05 (0,024<0,05), dan pendidikan orangtua (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi melanjutkan pendidikan dengan nilai sign < 0,05 (0,039<0,05). Secara bersama-sama kondisi ekonomi dan pendidikan orangtua memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi melanjutkan pendidikan dengan nilai sig< 0,05 atau 0,001<0,05. Persentase sumbangan pengaruh kondisi ekonomi orangtua dan pendidikan orangtua terhadap motivasi melanjutkan pendidikan sebesar 21,3%. Kepada siswa diharapkan agar tetap semangat dalam belajar. Sekalipun kondisi ekonomi orangtua dan pendidikan orangtua kurang mendukung tidak menjadi alasan untuk tidak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Kepada pihak sekolah diharapkan senantiasa memberikan motivasi atau dorongan kepada siswa agar semakin termotivasi untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.071 Pas p |
Keywords: | Ekonomi Orangtua; Pendidikan Orangtua; Motivasi; Pendidikan; Uji Instrumen |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 05:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14173 |