Nasution, Amir Hamzah (2014) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM OPEN ENDED DAN EXPLICIT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KELAS XI IPS SMA SWASTA JOSUA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103142003 COVER.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
7103142003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (592kB) | Preview
7103142003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
7103142003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
7103142003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
7103142003 TABLES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7103142003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7103142003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7103142003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (646kB) | Preview
7103142003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
7103142003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (412kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X IPS SMA Swasta Josua Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar akuntansi siswa antar silus dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Problem Open Ended dan Explicit Instruction di kelas XI IPS SMA Swasta Josua Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Josua Medan yang beralamat di jalan GB. Josua No. 30 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS yang berjumlah 39 orang siswa, dan objek dalam penelitian ini adalah penerapan kolaborasi model pembelajaran Problem Open Ended dan Explicit Instruction untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah melalui lembar observasi aktivitas siswa dan test hasil belajar akuntansi. Teknik analsis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis pada siklus I diperoleh hasil belajar yaitu 58,97% (23 siswa) memenuhi ketuntasan dengan nilai rata-rata 64,74 akan tetapi belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 75%. Oleh karena itu penelitian dilanjutkan ke siklus II. Hasil yang diperoleh di siklus II diperoleh hasil belajar yaitu 87,18% (34 siswa) memenuhi ketuntasan dengan nilai rata-rata 75,90 yang berarti telah melampaui indikator keberhasilan dan telah memenuhi kriteria KKM ≥75. sehingga penelitian berhenti di siklus II. Begitu juga dari lembar observasi aktivitas siswa menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 28,2%. Pada siklus I diperoleh hasil 53,85% siswa masuk dalam kategori aktif dan pada siklus II diperoleh hasil 82,05% siswa masuk dalam kategori aktif telah memenuhi kriteria skor ≥ 23 atau 71,87%. Berdasarkan uji signifikan, terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan antara siklus I dan siklus II dimana thitung= 12,81 > ttabel=2,02.Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Problem Open Ended dan Explicit Instruction dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Swasta Josua Tahun Pembelajaran 2013/2014
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Nas p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Problem Open Ended; Explicit Instruction; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 04:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14161 |