Sormin, Sebana Susilastri (2014) PENERAPAN KOLABORASI MODELPEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRODUCTION DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TIMETOKEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWAKELAS XI AK YAPIM TARUNA MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103142067 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
7103142067 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
7103142067 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
7103142067 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
7103142067 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
7103142067 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
7103142067 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
7103142067 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
7103142067 BAB I.pdf - Published Version
Download (877kB) | Preview
7103142067 BAB V.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
7103142067 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasilbelajar Akuntansi siswa kelas XI AK YAPIM TARUNA Medan tahunpembelajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuipeningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapankankolaborasi model pembelajaran Problem Based Introduction dengan Time Tokendikelas XI AK YAPIM TARUNA Medan.Penelitian ini dilaksanakan di YAPIM TARUNA Medan yang beralamatdi jalan Air Bersih No. 95 Teladan Medan. Subjek dalam penelitian ini adalahsiswa kelas XI AK yang berjumlah 41 orang siswa, dan objek dalam penelitian iniadalah penerapan kolaborasi model pembelajaran Problem Based Introductiondengan Time Token untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansisiswa. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah melalui lembarobservasi aktivitas siswa dan test hasil belajar akuntansi.Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh rata – rata observasi aktivitassiswa yang dilaksanakan pada siklus I adalah 23 siswa (56,1%) yang termasukdalam kriteria Aktif. Pada siklus II rata-rata observasi aktivitas adalah 35 siswa(85,37%) yang termasuk dalam kriteria Aktif. Dari hasil analisis data diperolehdata pre test sebelum penerapan dengan nilai rata-rata 72,93 sedangkan padasiklus I nilai rata-rata siswa menjadi 76,56% (29 siswa tuntas) atau terjadipeningkatan sekitar 3,63 poin. Dan pada siklus II nilai rata-rata siswa menjadi83,95% (37 siswa tuntas) atau mengalami peningkatan 7,39 poin dari siklus I. Adapeningkatan yang positif dan signifikan hasil belajar akuntansi siswa di kelas XIAK Yapim Taruna Medan antar siklus. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan yangdiperoleh yaitu thitung = 8,49 dan ttabel = 2,02. Dengan membandingkan thitung danttabel diperoleh thitung > ttabel yaitu 8,49 > 2,02 sehingga perbandingan hasil belajarakuntansi siswa pada post test siklus I dan post test siklus II adalah positif dansignifikanDapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaranProblem Based Instruction dengan model pembelajaran Time Token dapatmeningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa di kelas XI AK YAPIMTARUNA MEDAN
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 9 Sor p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Problem Based Instruction; Time Token; Akuntansi Belajar; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 05:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14158 |