Stephani, Gabriella Tota (2014) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN ROUND CLUB UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS 1 SMA SWASTA SANTO THOMAS 2 MEDAN T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103142032 COVER.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
7103142032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (907kB) | Preview
7103142032 PREFACE.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
7103142032 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
7103142032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
7103142032 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
7103142032 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
7103142032 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
7103142032 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (410kB) | Preview
7103142032 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7103142032 REFERANCES.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansisiswa dalam mata pelajaran akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatanaktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa melalui penerapan metode pembelajaran DiscoveryLearning dan model pembelajaran Round Club di kelas XI IPS 1 SMA Swasta Santo Thomas 2Medan T.P 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Santo Thomas 2 Medan pada semester genapTahun Pembelajaran 2013/2014 dengan subjek siswa kelas XI IPS 1 yang berjumlah 39 orang siswa.Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dimanasetiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknikpengumpulan data menggunakan tes untuk melihat hasil belajar akuntansi dan lembar observasiuntuk mengetahui aktivitas belajar akuntansi siswa. Sedangkan teknik analisis data yaitu dengan datakuantitatif dan data kualitatif.Berdasarkan hasil analisis dari lembar obeservasi aktivitas siswa dengan indikator yangditetapkan untuk aktivitas siswa sebesar ≥ 23 atau 71,87%, maka diperoleh hasil pada siklus Isebesar 25,7% siswa masuk dalam kategori aktif, karena belum mencapai indikator yangditetapkan maka pada siklus II diperoleh hasil 87,17% siswa masuk dalam kategori aktif dansangat aktif. Adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 61,47%.Sedangkan tes hasil belajar akuntansi siswa ditetapkan KKM 75. Maka dari hasil tes yang dilakukanpada siklus I diperoleh persentase hasil belajar yaitu 64,1% akan tetapi belum mencapai indikatorhasil belajar yaitu 85%. Oleh Karena itu penelitian dilanjutkan ke siklus II. Persentase Hasil belajaryang diperoleh di siklus II yaitu 87,1% siswa memenuhi ketuntasan. Dengan demikian terdapatpeningkatan hasil belajar sebanyak 23% dari siklus I dan II sehingga penelitian berhenti di siklus II.Untuk pengujian signifikansi hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji statistik atau ujit dengan dk= 39-1= 38 pada α = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 7,85 dan ttabel =2,0244. Sehingga thitung > ttabel (7,85 >2,0244). Dengan kata lain peningkatan hasil belajar siswasignifikan sehingga Ha diterima.Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Discovery Learning dan modelpembelajaran Round Club pada pokok bahasan menyusun laporan keuangan jasa di kelas XI IPS 1SMA Swasta Santo Thomas 2 Medan Tahun Ajaran 2013/2014 dapat meningkatkan aktivitas danhasil belajar akuntansi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Ste p |
Keywords: | metode; pembelajaran; discovery learning; model; roun club; penerapan; aktivitas belajar; hasil belajar; akuntansi; siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 03:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14141 |