HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 23 MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014

Gultom, Haulian (2014) HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 23 MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 708310056 COVER.pdf]
Preview
Text
708310056 COVER.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 708310056 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
708310056 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (490kB) | Preview
[thumbnail of 708310056  PREFACE.pdf]
Preview
Text
708310056 PREFACE.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 708310056  ABSTRAC.pdf]
Preview
Text
708310056 ABSTRAC.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of 708310056  TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
708310056 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 708310056  TABLES.pdf]
Preview
Text
708310056 TABLES.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 708310056  APPENDICES.pdf]
Preview
Text
708310056 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 708310056  CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
708310056 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview
[thumbnail of 708310056  CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
708310056 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of 708310056  BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
708310056 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan antara Interaksi Sosial dengan Prestasi Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII SMP Negeri 23 Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian Ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Interaksi Sosial dengan Prestasi Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII SMP Negeri 23 Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Medan yang berjumlah 160 orang siswa yang terdiri dari 4 kelas. Sampel yang digunakana dalah 50% dari populas iyaitu 80 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian inia dalah berupa angket dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakana dalah Korelasi Product Moment dan uji hipotesis dengan menggunakan uji “t”. Dari hasil perhitungan koefisien korelasi variabel X dan Y diperoleh harga rhitung =0,436. Selanjutnya dalam pengujian hipotesis dengan uji t diperoleh thitung sebesar 4.753 sedangkan ttabel sebesar 1.66. Dengan demikian thitung > ttabel ( 4.753 > 1,66) pada taraf signifikansi 95 % atau alpha 5% dk= n-2 (80-2). Sehingga hipotesis yang diajukan dalam penelitian yang menyatakan bahwa “Terdapat hubungan yang positif antara interaksi sosial dengan prestasi belajar IPS Terpadu siswa kelasVIII SMP Negeri 23 Medan Tahun Ajaran 2013/2014”dapat diterima. Dari seluruh hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa interaksi sosial siswa memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap peningkatan prestasi belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Medan Tahun Ajaran 2013/2014

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 658.071 Gul h
Keywords: prestasi belajar; interaksi sosial; siswa
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
H Social Sciences > HF Commerce
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mrs Intan Nurhidayati
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 29 Aug 2016 03:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14137

Actions (login required)

View Item
View Item