Gultom, Haulian (2014) HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 23 MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
708310056 COVER.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
708310056 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (490kB) | Preview
708310056 PREFACE.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
708310056 ABSTRAC.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
708310056 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
708310056 TABLES.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
708310056 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
708310056 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
708310056 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
708310056 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan antara Interaksi Sosial dengan Prestasi Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII SMP Negeri 23 Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian Ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Interaksi Sosial dengan Prestasi Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII SMP Negeri 23 Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Medan yang berjumlah 160 orang siswa yang terdiri dari 4 kelas. Sampel yang digunakana dalah 50% dari populas iyaitu 80 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian inia dalah berupa angket dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakana dalah Korelasi Product Moment dan uji hipotesis dengan menggunakan uji “t”. Dari hasil perhitungan koefisien korelasi variabel X dan Y diperoleh harga rhitung =0,436. Selanjutnya dalam pengujian hipotesis dengan uji t diperoleh thitung sebesar 4.753 sedangkan ttabel sebesar 1.66. Dengan demikian thitung > ttabel ( 4.753 > 1,66) pada taraf signifikansi 95 % atau alpha 5% dk= n-2 (80-2). Sehingga hipotesis yang diajukan dalam penelitian yang menyatakan bahwa “Terdapat hubungan yang positif antara interaksi sosial dengan prestasi belajar IPS Terpadu siswa kelasVIII SMP Negeri 23 Medan Tahun Ajaran 2013/2014”dapat diterima. Dari seluruh hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa interaksi sosial siswa memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap peningkatan prestasi belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Medan Tahun Ajaran 2013/2014
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.071 Gul h |
Keywords: | prestasi belajar; interaksi sosial; siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 03:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14137 |