Situmorang, Tigor M. (2014) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X IIS SMA NEGERI 5 MEDAN PADA MATA PELAJARAN EKONOMI T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103141147 COVER.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
7103141147 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
7103141147 PREFACE.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
7103141147 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
7103141147 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
7103141147 TABLES.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
7103141147 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
7103141147 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
7103141147 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
7103141147 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
7103141147 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah fasilitas belajar dan kompetensi guru memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas X IIS SMA Negeri 5 Medan pada mata pelajaran ekonomi T.A 2013/2014.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IIS SMA Negeri 5 Medan T.A 2013/2014 yang berjumlah 118 orang, sedangkan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode total sampling yaitu seluruh siswa kelas X IIS SMA Negeri 5 Medan T.A 2013/2014 yang berjumlah 118 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, dokumentasi dan angket. Uji validitas untuk analisis butir angket menggunakan rumus korelasi product moment, reliabilitasnya dihitung dengan menggunakan rumus cronbach alpha Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji t dan uji F.Berdasarkan analisis data dengan menggunakan program SPSS 18.0, diperoleh persamaan regresi linear berganda Y=65.464+0.162X1+0.104X2. Selanjutnya variabel fasilitas belajar (X1) memiliki pengaruh yang positif secara parsial terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai thitung>ttabel (3.533>1.658) dan memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai sig<0.05 atau (0.001<0.05), sementara kompetensi guru (X2) tidak memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai sig>0.05 (0.065>0.05). Secara bersama-sama fasilitas belajar dan kompetensi guru memiliki pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai Fhitung>Ftabel (14.872>3.074) dan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai sig<0,05 atau (0.000<0.05). Pihak sekolah harus memperhatikan pengadaan dan pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah dan kepada guru supaya mengembangkan kompetensinya supaya peserta didik mampu memperoleh prestasi belajar yang baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Sit p |
Keywords: | Fasilitas Belajar; Kompetensi Guru; Kompetensi Kepribadian; Kompetensi Sosial; Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 02:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14111 |