Sianipar, Sahat Renol H (2014) PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 17 MEDAN T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103141125-COVER.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
7103141125-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (409kB) | Preview
7103141125-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
7103141125-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
7103141125-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
7103141125-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
7103141125-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
7103141125-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
7103141125-BAB I.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
7103141125-BAB V.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
7103141125-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah kompetensi guru danmotivasi belajar siswa memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadapprestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 17 Medan T.A 2013/2014.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMANegeri 17 Medan T.A 2013/2014 yang berjumlah 110 siswa, sedangkan teknikpengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode random samplingyaitu disebar kepada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 17 Medan T.A 2013/2014yang berjumlah 86 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalahdengan observasi, dokumentasi dan angket. Uji validitas untuk analisis butirangket menggunakan rumus korelasi product moment, reliabilitasnya dihitungdengan menggunakan rumus cronbach alpha. Teknik analisis data yangdigunakan adalah regresi linear berganda, uji t, uji F dan uji determinasi (R2).Berdasarkan analisis data dengan menggunakan program SPSS 20.0,diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = 45,386 + 0,360X1 + 0,166X2.Selanjutnya variabel kompetensi guru (X1) memiliki pengaruh yang positif dansignifikan secara parsial terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai thitung > ttabel(7,623 > 1,663) dengan sig 0,000, sementara motivasi belajar siswa (X2) memilikipengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar siswadengan nilai thitung > ttabel (2,922 > 1,663) dengan sig 0,004. Secara bersama-samakompetensi guru dan motivasi belajar siswa memiliki pengaruh yang positif dansignifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai Fhitung > Ftabel (34,695 >3,107). Nilai determinasi (R2) kontribusi variabel kompetensi guru dan motivasibelajar siswa terhadap prestasi belajar siswa sebesar 45,5 %. Artinya kompetensiguru dan motivasi belajar siswa dapat menjelaskan prestasi belajar siswa sebesar45,5%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkandalam penelitian ini.Dapat disimpulkan bahwa kompetensi guru dan motivasi belajar siswamemiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswakelas XI IPS SMA Negeri 17 Medan T.A 2013/2014.Pihak sekolah dan juga guru bidang studi diharapkan memperhatikan danmenguasai kompetensi guru dan meningkatkan pemberian motivasi kepada siswaagar memiliki motivasi yang kuat dan mengarahkan usaha belajarnya secaramaksimal sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Sia p |
Keywords: | kompetensi guru; motivasi belajar; prestasi belajar; varibel penelitian; analisis data |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 02:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14109 |