Chandra, Ray (2014) PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL DAN LKS MANDIRI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS X SMK BM YAYASAN APIPSU MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7101141028_COVER.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
7101141028_APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (541kB) | Preview
7101141028_PREFACE.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
7101141028_ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
7101141028_TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
7101141028_TABLES.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
7101141028_APPENDICES.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
7101141028_CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
7101141028_CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
7101141028_BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa pada pokok bahasan permintaan dan penawaran di kelas X SMK BM Yayasan APIPSU Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Penelitian ini sendiri bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran audio visual dan LKS mandiri terhadap hasil belajar IPS siswa kelas X SMK BM Yayasan APIPSU Medan T.P. 2013/2014 pada pokok bahasan permintaan dan penawaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMK BM Yayasan APIPSU Medan yang terletak di Jalan Jambi Nomor 59, Kecamatan Medan Perjuangan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK BM Yayasan APIPSU Medan yang berjumlah 92 orang. Sampel yang diambil berupa dua kelas dari tiga kelas yang tersedia, dimana salah satu kelas ditetapkan sebagai kelas eksperimen dan yang lain ditetapkan sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah soal pilihan ganda yang terdiri dari 20 soal yang disadur dari beberapa buku IPS yang relevan terhadap program pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menghitung nilai mean dan standar deviasi. Dari hasil analisa data diperoleh nilai mean tes hasil belajar kelas eskperimen 78 dan standar deviasi 6,9. Sementara itu, nilai mean tes kelas kontrol sebesar 67,5 dengan standar deviasi 5,53. Untuk mengetahui normalitas, data hasil belajar diolah menggunakan uji Liliefors, dan untuk mengetahui homogenitasnya digunakan uji F. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dua pihak dengan dk = n1 + n2 – 2 dan ttabel = 2,002. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung = 6,39 dan ttabel = 2,002. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan thitung > ttabel yang menyatakan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan dari penggunaan media pembelajaran audio visual dan LKS mandiri terhadap hasil belajar IPS siswa Kelas X SMK BM Yayasan APIPSU Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 pada pokok bahasan permintaan dan penawaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 9 Can p |
Keywords: | media pembelajaran; audio visual; LKS mandiri; konvensional; hasil belajar; IPS |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 01:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14101 |