Hutagalung, Friska Martina E. (2014) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARANLEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSISISWA KELAS X AK SMK SWASTA TUNAS PELITA BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103142031 COVER.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7103142031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (411kB) | Preview
7103142031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
7103142031 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
7103142031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
7103142031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
7103142031 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
7103142031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
7103142031 BAB I.pdf - Published Version
Download (438kB) | Preview
7103142031 BAB V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
7103142031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswapada mata pelajaran akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuipeningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X AK SMK SwastaTunas Pelita Binjai setelah menerapkan model pembelajaran Learning Cycle.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Tunas Pelita Binjai. Subjekdalam penelitian ini adalah siswa kelas X AK yang berjumlah 32 orang. Penelitian inimerupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus dimana tiap siklusterdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah lembar observasi dan tesuntuk melihat hasil belajar akuntansi siswa. Sedangkan teknik analisis data adalahdengan data kuantitatif dan data kualitatifBerdasarkan analisis data diperoleh bahwa aktivitas siswa menunjukkanpeningkatan yakni pada siklus I 37,5% siswa dengan aktivitas ”aktif” dan ”sangataktif” sedangkan siklus II 78,12% siswa dengan aktivitas ”aktif” dan ”sangat aktif”telah memenuhi indikator aktivitas skor ≥ 23 atau 71,87%. Hasil belajar siswa padasiklus I yaitu 59,38% siswa memenuhi kriteria ketuntasan minimal dengan rata-ratanilai 71,88. Hasil belajar pada siklus II 87,50% siswa mencapai kriteria ketuntasanminimal yaitu 70 dengan rata-rata nilai 76,56 berarti telah melampaui indikatorkeberhasilan KKM 85% nilai ≥ 70. Pengujian perbedaan hasil belajar antara siklus Idengan siklus II diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 6,90 > 2,0395 sehingga hasilbelajar ekonomi akuntansi siswa kelas X AK SMK Swasta Tunas Pelita Binjai T.P2013/2014 pada post test siklus I dan post test siklus II adalah positif dan berbedasecara signifikan maka dalam hal ini Ha : Y > X diterima dan Ho : Y = X ditolak.Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaranLearning Cycle dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Hal iniberarti bahwa penerapan model pembelajaran Learning Cycle dapat digunakansebagai alternatif dalam pembelajaran akuntansi pada kompetensi dasar MemprosesBuku Besar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 9 Hut i |
Keywords: | model pembelajaran; learning cycle; aktivitas belajar; hasil belajar; hipotesis tindakan |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 03:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14098 |