Hasibuan, Jeremia Peterson (2014) HUBUNGAN KOMPETENSI GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA DI SMA NEGERI 1 PARBULUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103341047 COVER.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7103341047 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
7103341047 PREFACE.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
7103341047 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
7103341047 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
7103341047 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
7103341047 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
7103341047 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
7103341047 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
7103341047 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
7103341047 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
Abstract
Negeri Medan 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kompetensi guru dengan prestasi belajar Ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Parbuluan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Parbuluan yang berjumlah 57 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah sejumlah 57 orang yang diambil dengan teknik pengambilan sampel Total Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dan angket. Uji validitas angket menggunakan rumus product momen pearson, dan Cronbach Alpha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kompetensi guru (X) memiliki korelasi dengan prestasi belajar siswa (Y) sebesar 0,630. Koefisien korelasi bernilai positif dan berada pada kategori cukup karena berada pada rentang 0,600-0,800. Hasil tersebut memiliki arti bahwa semakin tinggi kompetensi guru maka semakin tinggi pula prestasi belajar Ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Parbuluan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Selanjutnya hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung korelasi memiliki nilai sebesar 5,990 dan jika dibandingkan dengan ttabel korelasi memiliki nilai sebesar 2,004, diketahui bahwa thitung > ttabel (5,990 > 2,004). Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi guru dengan prestasi belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Parbuluan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Kompetensi guru memberikan sumbangsih sebesar 40% terhadap prestasi belajar ekonomi siswa, selebihnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Has h |
Keywords: | kompetensi guru; kompetensi pedagogik; kompetensi kepribadian; kompetensi sosial; kompetensi profesional; prestasi belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 09:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14095 |