Situmorang, Exaudi (2014) PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 8 MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103141045 COVER.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
7103141045 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
7103141045 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7103141045 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
7103141045 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
7103141045 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
7103141045 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
7103141045 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
7103141045 BAB I.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
7103141045 BAB V.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
7103141045 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah kompetensi guru memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap efektivitas pembelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Medan Tahun Ajaran 2013/2014.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru terhadap efektivitas pembelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Medan yang berjumlah 138 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 102 orang yang diambil dengan teknik pengambilan sampel proportional random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara angket. Uji validitas angket menggunakan rumus product moment pearson, dan reliabilitasnya dihitung dengan rumus cronbach alpha. Hasil perhitungan uji regresi sederhana diperoleh model persamaan Y = 26,539 + 0,572X. Dari hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa thitung memiliki nilai lebih sebesar 6,960 dan jika dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan α 0,05 yaitu 1,984 diketahui bahwa thitung > ttabel (6,960 > 1,984). Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi guru terhadap efektivitas pembelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Hasil penelitian untuk koefisien determinasi diperoleh bahwa kompetensi guru memiliki kontribusi sebesar 32,60% terhadap efektivitas pembelajaran ekonomi sedangkan 67,40% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan kepada pihak sekolah perlu meningkatkan kompetensi guru dalam mengajar khususnya guru mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 8 Medan agar setiap siswa dapat lebih mudah memahami dan termotivasi untuk belajar sehingga tercapai pembelajaran yang efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Sit p |
Keywords: | kompetensi; guru; efektivitas; pembelajaran; pengaruh; karakteristik; prinsip |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 02:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14088 |