Yuningsih, Lidia (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI SMA N 1 BINJAI T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7101141016- JUDUL.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
7101141016- LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
7101141016- KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
7101141016- ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
7101141016-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
7101141016- DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
7101141016- DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
7101141016- BAB I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
7101141016-BAB V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
7101141016- DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS SMA N 1 Binjai tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan pada SMA N 1 Binjai di Jalan Mongonsidi No. 10 Binjai. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah total 80 orang. Sedangkan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Total Sampling dengan menggunakan 2 kelas yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas Kontrol dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas Eksperimen, yang masing – masing kelas terdiri dari 40 siswa dengan jumlah total 80 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berbentuk tes pilihan berganda sebanyak 20 item soal. Berdasarkan hasil analisa data, diperoleh nilai rata – rata pre tes siswa kelas kontrol = 39,25 dengan standar deviasi = 9,97 dan nilai rata – rata pre tes siswa kelas eksperimen = 46,75 dengan standar deviasi 9,71. Sedangkan nilai rata – rata post tes siswa kelas kontrol = 65,5 dengan standar deviasi = 8,76 dan nilai rata – rata post tes siswa kelas eksperimen = 75,25 dengan standar deviasi = 11,54. Dari analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar berdistribusi nomal (Lhitung < Ltabel) dan homogen (Fhitung < Ftabel). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan diperoleh thitung > ttabel (4,33 > 1,667), yang berarti hipotesis dapat diterima antara variabel X dan Y pada taraf signifikan 95% atau alpha 0,05 % dengan dk = N + N – 2 = 78. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Ekonomi SMA N 1 Binjai T.A 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Yun p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Kooperatif; Model Talking Stick; Kelebihan dan Kelemahan; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 04:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14085 |