Sirait, Pratiwi Dewiasri (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MELAKUKAN PROSEDUR ADMINISTRASI DI KELAS X SMK SWASTA PELITA PEMATANGSIANTAR TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103141104 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
7103141104 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (777kB) | Preview
7103141104 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
7103141104 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
7103141104 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
7103141104 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7103141104 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7103141104 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7103141104 BAB I.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
7103141104 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
7103141104 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi setelah diterapkan model pembelajaran Learning Cycle di kelas X SMK Swasta Pelita Pematangsiantar. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Pelita Pematangsiantar Jalan Melanthon Siregar No. 155 Pematangsiantar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Swasta Pelita Pematangsiantar yang berjumlah 29 orang dan objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Learning Cycle untuk meningkatkan hasil belajar melakukan prosedur administrasi siswa. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Teknik analisa data yang digunakan adalah data kuantitatif berupa nilai rata-rata, ketuntasan belajar individu dan ketuntasan belajar klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil belajar siswa tidak memenuhi kriteria ketuntasan klasikal karena hanya memperoleh 51,7% jumlah siswa yang tuntas sehingga dilakukan siklus II. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dan memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yaitu 86,2%. Dengan demikian model pembelajaran Learning Cycle yang di laksanakan di kelas X Administrasi Perkantoran dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan kenaikan 34,5%. Dengan ini model pembelajaran Learning Cycle dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran melakukan prosedur administrasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 651.071 9 Sir p |
Keywords: | Model; Pembelajaran; Learning Cycle; Hasil Belajar; Prosedur |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 02:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14078 |