Bancin, Rosalina (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IS SMA NEGERI 1 GEBANG TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103341099 COVER.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
7103341099 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (559kB) | Preview
7103341099 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
7103341099 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
7103341099 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
7103341099 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7103341099 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7103341099 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7103341099 BAB I.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
7103341099 BAB V.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
7103341099 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
Abstract
Permasalahanpenelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IS melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) pada pokok bahasan laporan keuangan perusahaan jasa di SMA Negeri 1 Gebang Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Gebang pada Tahun Ajaran 2013/2014 dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IS 3 SMA Negeri 1 Gebang yang berjumlah 40 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dimana peneliti melakukan tindakan di dalam kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes berupa pilihan ganda berbentuk 20 soal dengan 5 jawaban (option) dan lembar observasi. Sedangkan analisis data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Tes belajar diujicobakan dahulu sebelum digunakan pada sampel penelitian untuk melihat validitas dan reliabilitas. Uji validitas untuk tes belajar menggunakan Teknik korelasi Product Moment dengan α=0.05 dan N=40 maka (r=0,312) dari soal yang diujikan ternyata 20 soal valid. Reliabilitas tes diuji dengan menggunakan rumus KR20 r¬11=0,854.Dengan mengkonsultasikan r11 dengan tabel product moment dengan n=40 pada taraf α=0,05 maka (r=0,312) sehingga r¬hitung>rtabel= 0,854>0,312 yang berarti soal yang disajikan adalah reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I hanya 32,5% siswa yang tuntas belajar berarti pada siklus I belum tercapai indikator keberhasilan tindakan berdasarkan ketuntasan minimal 75 maka dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II diperoleh 87,5% siswa yang tuntas belajar sehingga hipotesis tindakan penelitian dapat diterima. Persentase rata-rata hasil belajar kelas juga menunjukkan peningkatan dimana pada siklus I hanya 49% siswa yang mencapai standar ketuntasan belajar. kemudian meningkat menjadi 75,12% pada siklus II, terjadi peningkatan sebesar 26,12%. Berarti telah tercapai batas tuntas indikator keberhasilan tindakan 75% siswa memperoleh nilai minimal 75. Dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Di Kelas XI IS SMA Negeri 1 Gebang Tahun Ajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Ban p |
Keywords: | model; pembelajaran; cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC); hasil belajar; ekonomi; faktor- faktor |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 02:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14076 |