Simamora, Agustina m. (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR EKONOMI PADA KELAS X SMA NEGERI 1 SILAEN TAHUN PENGAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103341004 COVER.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
7103341004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (505kB) | Preview
7103341004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
7103341004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
7103341004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
7103341004 TABLES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7103341004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
7103341004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
7103341004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (434kB) | Preview
7103341004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
7103341004 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
7103341004 BIOGRAFI.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan menerapkan model pembelajaran Word Square dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 1 Silaen Tahun Pembelajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Silaen pada tahun pembelajaran 2013/2014 dengan subjek siswa kelas X-1 yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang mana setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar angket motivasi belajar siswa. Sedangkan untuk analisis data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I adalah 43% dengan nilai rata-rata 69,16. Setelah dilakukan tindakan siklus II ketuntasan belajar secara klasikal naik menjadi 80% dengan nilai rata-rata 83,3. Motivasi juga menunjukkan keberhasilan, hal ini terlihat dari siklus I tidak terdapat siswa yang mempunyai motivasi tinggi, hanya terdapat hanya 18 (60%) siswa yang termotivasi sedang, 12 (40%) siswa yang termotivasi rendah, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 13 (43%) siswa motivasi tinggi, 11 (36%) siswa termotivasi sedang dan 6 (20%) siswa motivasi rendah. Dengan demikian penerapan model Word Square dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada pelajaran ekonomi kelas X pada pokok bahasan uang dan perbankan di SMA Negeri 1 Silaen Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Sim p |
Keywords: | model; pembelajaran; kooperatif; word square; motivasi; belajar; hasil belajar; ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 04:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14075 |