Harahap, Yuni Gusnita (2014) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR SISWA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMAN 8 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103341128 COVER.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
7103341128 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (757kB) | Preview
7103341128 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
7103341128 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
7103341128 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
7103341128 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
7103341128 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7103341128 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
7103341128 BAB I.pdf - Published Version
Download (522kB) | Preview
7103341128 BAB V.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
7103341128 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh disiplin belajar siswa dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMAN 8 Medan tahun pembelajaran 2013/2014.Jumlah populasi pada penelitian ini 343 responden, dan dengan menggunakan teknik simple random sampling maka jumlah sampel adalah 72 responden. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan angket yang terdiri atas 25 butir untuk variabel disiplin belajar siswa dan 25 butir untuk variabel fasilitas belajar dengan teknik cronchbach alpha diperoleh nilai reliabilitas sebesar 0,752. untuk variabel disiplin belajar siswa dan 0,745 untuk variabel fasilitas belajar. Teknik analisis data secara deskriptif dan inferensial. Sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji-F dan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh persamaan regresi berganda yaitu Y =39.743+ 0,302X1 + 0,221 X2. Hasil uji determinasi dari nilai R2 adalah 0.526. dan uji-t diperoleh thitung = 3.878. dengan taraf signifikan 0,000<0,05 untuk hipotesis 1 dan untuk hipotesis 2 diperoleh thitung = 2.185 dengan taraf signifikan 0,032<0,05. Sedangkan pengujian hipotesis secara simultan diperoleh hasil Fhitung = 38.341 dengan taraf signifikan 0,000<0,05.Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara disiplin belajar siswa terhadap prestasi belajar. 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa. 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara disiplin belajar siswa dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Har p |
Keywords: | Disiplin; Belajar; Tujuan; Strategis; Siswa; Fasilitas; Jenis-jenis; Prestasi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 01:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14072 |