Utari, Dian Eka (2014) PENGARUH MULTIMEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BABALAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103341026 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
7103341026 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (413kB) | Preview
7103341026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
7103341026 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
7103341026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
7103341026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7103341026 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7103341026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7103341026 BAB I.pdf - Published Version
Download (454kB) | Preview
7103341026 BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
7103341026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan penggunaan multimedia dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan insrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar ekonomi dalam bentuk objektif tes sebanyak 20 item, dimana sebelumnya telah diujicobakan untuk mengetahui tingkat validitas, reliabilias, daya pembeda dan tingkat kesukaran dari tes. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Babalan Tahun Ajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 1 Babalan yang berjumlah 200 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dimana sampel terdiri dari kelas eksperimen dan kelasa kontrol yang masing-masing berjumlah 38 orang. Hasil penelitian data post test hasil belajar siswa menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 76,84 dengan standar deviasi 9,26 dan nilai rata-rata hasil belajar kelas kontrol 74,21 dengan standar deviasi 8,18. Pengujian normalitas pada kelas eksperimen didapatkan Lhitung < Ltabel yakni 0,1388 < 0,1437, dan pada kelas kontrol juga Lhitung < Ltabel yakni 0,1072 < 0,1437. Pengujian homogenitas varians post test diperoleh Fhitung < Ftabel (1,28 < 1,73) maka dapat dikatakan bahwa data post test mempunyai varians yang sama atau homogen. Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikan 5% atau α = 0,05, dari data perhitungan hipotesis diperoleh thitung sebesar 6,0211 dan ttabel sebesar 1,993. Hal ini menunjukkan bahwa Ha (Hipotesis Alternatif) diterima. Dari hasil analisis data diketahui bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan Pengggunaan Multimedia Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Babalan Tahun Ajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Uta p |
Keywords: | multimedia; pemeblajaran; jenis; media; tahapan- tahapan; hasil belajar; pengembangan |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 09:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14070 |