Safitri, Siska (2014) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DI SEKOLAH DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 15 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103341108 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
7103341108 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
7103341108 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
7103341108 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
7103341108 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
7103341108 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7103341108 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7103341108 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7103341108 BAB I.pdf - Published Version
Download (467kB) | Preview
7103341108 BAB V.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
7103341108 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada Pengaruh Fasilitas Belajar di Sekolah dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa kelas X SMA Negeri 15 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 15 Medan Jalan Sekolah Pembangunan no. 7 Medan Kecamatan Medan Sunggal dan dilaksanakan pada tahun pembelajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 15 Medan yang berjumlah 271 orang. Sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 56 orang yang diambil secara acak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi.Pengaruh antara variabel fasilitas belajar di sekolah dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 15 Medan ditunjukkan oleh persamaan regresi berganda yaitu : Y = 24.071 + 0.141 X1 + 0.528 X2. Hasil pengujian determinasi menunjukkan nilai (R^2 ) sebesar 95,3%, mengindikasikan bahwa variabel independen dalam penelitin ini yang terdiri dari fasilitas belajar di sekolah dan lingkungan keluarga mampu menjelaskan variabilitas variabel dependen sebesar 95,3%. Sementara itu, sisanya sebesar 4.7% dijelaskan oleh variabel lain diluar variabel penelitian ini.Untuk uji t variabel fasilitas belajar di sekolah nilai t_hitung>t_tabel yaitu 2.440 > 1.673 dan variabel lingkungan keluarga nilai t_hitung>t_tabel yaitu 8.360 > 1.673 yang berarti hipotesis diterima. Hipotesis menunjukkan besarnya nilai Uji F_hitung>F_tabel yaitu 538.434 < 3.71 sehingga hipotesis diterima.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh fasilitas belajar di sekolah dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 15 Medan tahun pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Saf p |
Keywords: | Fasilitas; Belajar; Sekolah; Lingkungan; Keluarga; Prestasi; Ekonomi; Faktor-faktor |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 09:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14068 |