Siregar, Dwi Lestari (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7101141004 COVER.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
7101141004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (580kB) | Preview
7101141004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
7101141004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
7101141004 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
7101141004 TABLES.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
7101141004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
7101141004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
7101141004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (432kB) | Preview
7101141004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
7101141004 BIBILOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa yang diajar dengan metode konvensional pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 11 Tahun Pembelajaran 2013/2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS yang berjumlah 123 orang. Teknik sampel yaitu Simple Random Sampling yang sampel terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing – masing berjumlah 40 orang. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar ekonomi dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal, objektif tes dikutip langsung dari buku tes yang relevan sehingga validitas dan realibilitasnya telah teruji. Teknik analisa data yang digunakan yaitu menentukan rata –rata dan standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan cara melihat dari pre test dan post test.Dari data tes hasil belajar menujukkan nilai rata –rata siswa kelas eksperimen 78,5 dengan standar deviasi 9,72 dan nilai rata –rata 63 dengan standar deviasi 9,18 pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan rumus Uji –t. dari data perhitungan hipotesis diperoleh Thitung 7,300 Ttabel yaitu 1,672. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa Thitung > Ttabel yaitu 7,300> 1,672. Hal ini bearti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak .Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Sir p |
Keywords: | Model; Pembelajaran; Contextual Teaching and Learning; Prinsip-prinsip; Pendekatan; Karakteristik; Elemen; Metode; Konvensional |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 03:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14061 |