PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Siregar, Dwi Lestari (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 7101141004 COVER.pdf]
Preview
Text
7101141004 COVER.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 7101141004 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
7101141004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (580kB) | Preview
[thumbnail of 7101141004 PREFACE.pdf]
Preview
Text
7101141004 PREFACE.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[thumbnail of 7101141004 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
7101141004 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 7101141004 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
7101141004 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[thumbnail of 7101141004 TABLES.pdf]
Preview
Text
7101141004 TABLES.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 7101141004 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7101141004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 7101141004 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7101141004 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 7101141004 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
7101141004 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (432kB) | Preview
[thumbnail of 7101141004 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
7101141004 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 7101141004 BIBILOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
7101141004 BIBILOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa yang diajar dengan metode konvensional pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 11 Tahun Pembelajaran 2013/2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS yang berjumlah 123 orang. Teknik sampel yaitu Simple Random Sampling yang sampel terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing – masing berjumlah 40 orang. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar ekonomi dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal, objektif tes dikutip langsung dari buku tes yang relevan sehingga validitas dan realibilitasnya telah teruji. Teknik analisa data yang digunakan yaitu menentukan rata –rata dan standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan cara melihat dari pre test dan post test.Dari data tes hasil belajar menujukkan nilai rata –rata siswa kelas eksperimen 78,5 dengan standar deviasi 9,72 dan nilai rata –rata 63 dengan standar deviasi 9,18 pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan rumus Uji –t. dari data perhitungan hipotesis diperoleh Thitung 7,300 Ttabel yaitu 1,672. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa Thitung > Ttabel yaitu 7,300> 1,672. Hal ini bearti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak .Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 330.071 2 Sir p
Keywords: Model; Pembelajaran; Contextual Teaching and Learning; Prinsip-prinsip; Pendekatan; Karakteristik; Elemen; Metode; Konvensional
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Intan Nurhidayati
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 25 Aug 2016 03:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14061

Actions (login required)

View Item
View Item