Chairunnisa, Nur (2014) PENGARUH KESIAPAN GURU DALAM MENERAPKAN KURIKULUM 2013 DAN KREATIVITAS GURU TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER (CHARACTER BUILDING) SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP SWASTA HARAPAN BANGSA KUALA LANGKAT TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103141097 COVER.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7103141097 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
7103141097 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
7103141097 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
7103141097 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
7103141097 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
7103141097 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
7103141097 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7103141097 BAB I.pdf - Published Version
Download (696kB) | Preview
7103141097 BAB V.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
7103141097 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
Abstract
Permasalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh kesiapan guru dalam menerapkan kurikulum 2013 dan kreativitas guru terhadap pembentukan karakter (character building) siswa kelas VII1 pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Swasta Harapan Bangsa Kuala Langkat tahun Ajaran 2013/2014? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kesiapan guru dalam menerapkan kurikulum 2013 dan kreativitas guru terhadap pembentukan karakter (character building) siswa kelas VII1 pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Swasta Harapan Bangsa Kuala Langkat tahun Ajaran 2013/2014.Penelitian ini dilakukan di SMP Swasta Harapan Bangsa Kuala Langkat dengan populasi yang juga merupakan sampel sebanyak 35 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kesiapan guru dalam menerapkan kurikulum 2013, kreativitas guru dan pembentukan karakter (character building) siswa berupa angket yang berjumlah 25 soal untuk masing-masing angket. Validitas tes diuji dengan menggunakan teknik Korelasi Product Moment. Reliabilitas tes diuji dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Kemudian data dianalisis dengan rumus Regresi Linier berganda. Selanjutnya untuk menguji hipotesis secara parsial menggunakan uji t dan secara simultan menggunakan uj f.Setelah uji validitas untuk variabel X1,X2 dan Y dilakukan dengan masing-masing variabel 25 instrumen hasilnya terdapat 23 instrumen yang valid untuk X1dan X2, sebanyak 25 instrumen yang valid untuk Y. kem udian untuk hasil uji realibilitas angket diperoleh hasil rhitung>rtabel 0.931>0,396 untuk kesiapan guru dalam menerapkan kurikulum 2013 dan rhitung>rtabel 0.945>0,396 untuk kreativitas guru serta rhitung>rtabel 0.899>0,396 untuk pembentukan karakter siswa. Dan hasil analisis regresi linier berganda diperoleh Y= 31,466 + 0,231 X1 + 0,440 X2. Dan untuk uji t diperoleh thitung= 3,303dan signifikan sebesar 0,001 < 0,05 untuk variabel X1 dan thitung = 3,606 dan signifikan sebesar 0,002< 0,05 untuk variabel X2. Untuk uji f diperoleh fhitung sebesar denagn taraf signifikan. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara kesiapan guru dan kreativitas guru dengan pembentukan karakter (character building) kelas VII1 pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Swasta Haraoan Bangsa Kuala Langkat Tahun Aajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 651.071 2 Cha p |
Keywords: | Aktivitas Guru; Kreativitas; Kemampuan Mengajar; Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 03:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14026 |