Sipayung, Agnes Marlina (2014) PENGARUH KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DENGAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA PARULIAN 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7102141001 COVER.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
7102141001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (489kB) | Preview
7102141001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
7102141001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
7102141001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
7102141001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7102141001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7102141001 BAB I.pdf - Published Version
Download (455kB) | Preview
7102141001 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
7102141001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah kolaborasi model pembelajaran Quantum Learning dengan Picture and Picture memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Parulian 2 Medan Tahun ajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Parulian 2 Medan Tahun Ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 2 kelas. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas. Kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 48 orang yang diajar dengan kolaborasi model pembelajaran Quantum Learning dengan Picture and Picture dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol berjumlah 48 orang yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi dan tes yang berbentuk pilihan berganda untuk soal pre-test dan post-test. Dari hasil analisis data yang diperoleh nilai rata-rata dengan kolaborasi model pembelajaran Quantum Learning dengan Picture and Picture pre-test = 38,22 ; SD = 8,720 dan post-test = 81,04 ; SD =9,56 sedangkan dengan metode konvensional pre-test = 37,29 ; SD = 9,73 dan post-test = 69,16 ; SD = 9,35. Untuk harga ttabel dengan α = 0,05 dan dk 94 diperoleh 1,989. Karena diketahui thitung =6,792 sehingga thitung > ttabel, maka dalam hal ini hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antar kolaborasi model pembelajaran Quantum Learning dengan Picture and Picture terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Parulian 2 Medan T.A 2013/2014 dapat diterima
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Sip p |
Keywords: | model pembelajaran; quantum learning; spesifik quantum learning; picture and picture; konvensional |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 03:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14024 |