Sianipar, Imelsa Helen (2014) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN TINGKAT PENDAPATAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI RPL SMK SWASTA TELADAN PEMATANGSIANTAR TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103141059 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
7103141059 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
7103141059 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
7103141059 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
7103141059 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
7103141059 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
7103141059 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
7103141059 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
7103141059 BAB I.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
7103141059 BAB V.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
7103141059 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar kewirausahaan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara tingkat pendidikan dan pendapatan orang tua terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa kelas XI RPL SMK Swasta Teladan Pematangsiantar. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Teladan Pematangsiantar pada tahun akademik 2013/2014 dengan jumlah sampel sebanyak 26 orang yang diambil dengan Teknik Proportional Stratified Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan angket.Teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi linear berganda yang kemudian diinterprestasikan ke koefisien korelasi r. Untuk menguji hipotesis digunakan uji t parsial pada taraf signifikan (taraf kepercayaan) alpha 0,05 dengan derajat kebebasan (26-3)=23. Dengan kriteria Ho diterima jika thitung < ttabel dan Ha diterima jika thitung > ttabel.Dari perhitungan regresi ganda diperoleh hasil koefisien variabel Pendidikan Orang Tua (XI) sebesar 4,820 menyatakan bahwa setiap terjadi peningkatan satu satuan akan meningkatkan prestasi belajar siswa sebesar 4,820. Koefisien variabel tingkat Pendapatan Orang Tua sebesar 0,240 menyatakan bahwa setiap terjadi peningkatan satu satuan akan meningkatkan prestasi belajar siswa sebesar 0,240. Berdasarkan hasil uji t parsial untuk variabel Pendidikan Orang Tua (X1) bahwa harga thitung sebesar 2,156 > ttabel sebesar 1.71. Oleh karena nilai t hitung > t tabel (2,156 > 1.70562) maka Ho ditolak, artinya secara parsial ada pengaruh signifikan antara X1 dengan Y. Variabel Pendapatan Orang Tua (X2) bahwa harga thitung sebesar 2,094 < ttabel sebesar 1.71. Oleh karena nilai t hitung > t tabel (2,094> 1,71) maka Ho ditolak, artinya secara parsial ada pengaruh signifikan antara X2 dengan Y. Berdasarkan uji ANOVA diperoleh Fhitung sebesar 4,460. Karena F hitung > F tabel (4,460 > 3,42), maka Ho ditolak, artinya ada pengaruh secara signifikan antara X1 dan X2 secara bersama-sama terhadap Y. Berdasarkan tabel koefisien determinasi diperoleh nilai R square 17,6 %. Selebihnya 82,4% dipengaruhi oleh variabel lain di luar dari variabel penelitian ini.Dapat disimpulkan bahwa pendidikan dan pendapatan orang tua berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa, kelas XI RPL SMK Swasta Pematangsiantar T.A 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.421 071 9 Sia p |
Keywords: | hakekat pendidikan; hakekat pendapatn; prestasi belajar; operasional; kerangka berfikir |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 02:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14016 |