Hutasoit, Apriani Kinanti H. (2014) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS X SMK BM DHARMA BAKTI MEDAN T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103141008 COVER.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
7103141008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (520kB) | Preview
7103141008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
7103141008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
7103141008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
7103141008 TABLES.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
7103141008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7103141008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7103141008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (443kB) | Preview
7103141008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
7103141008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa, mengetahui pengaruh antara disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa, dan mengetahui pengaruh antara motivasi belajar dan disiplin belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa kelas X SMK BM Dharma Bakti Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK BM Dharma Bakti Medan yang berjumlah 50 siswa. Sampel diambil dengan mengunakan teknik total sampling, yaitu mengambil seluruh populasi sebagai sampel penelitian, yaitu sebanyak 50 siswa. Data variabel motivasi belajar, dan disiplin belajar diambil menggunakan angket dan variabel hasil belajar dengan menggunakan dokumen daftar nilai ulangan siswa. Uji instrumen meliputi validitas dan reliabilitas. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda dan menggunakan uji hipotesis secara parsial (uji t) dan secara simultan (uji f). Sebelum dilakukan uji analisis maka dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dengan kolmogorov smirnov dan uji multikolinieritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecenderungan hasil belajar siswa kelas X SMK BM Dharma Bakti Medan dalam kategori cukup yaitu 42%. Pengujian terhadap hipotesis secara parsial dengan taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa, dimana nilai t_hitung > t_tabel (6,763 > 1,677), dan ada pengaruh yang positif dan signifikan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa, dimana nilai t_hitung > t_tabel (4,249 > 1,677). Pengujian hipotesis secara simultan dengan taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan disiplin belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa, dan koefisien determinasi (R^2) sebesar 0,795 atau 79,5%, dimana hal ini menunjukkan bahwa besarnya sumbangan pengaruh yang diberikan oleh variabel motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar adalah sebesar 79,5%.Bagi siswa SMK BM Dharma Bakti Medan, dapat menggunakan penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman tentang motivasi belajar dan disiplin belajar dalam upaya untuk mempertahankan dan meningkatkan hasil belajar. Upaya yang dilakukan dengan berusaha memperhatikan dan meningkatkan motivasi dan disiplin belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.421 071 9 Hut p |
Keywords: | Teori Motivasi; Motivasi Belajar; Teori Disiplin; Disiplin Belajar; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 08:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14005 |