Dinata, Ryan Angga (2014) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI DI SMK SWASTA PARULIAN 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7101141030 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
7101141030 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
7101141030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
7101141030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
7101141030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
7101141030 TABLES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7101141030 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7101141030 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
7101141030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (460kB) | Preview
7101141030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
7101141030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (411kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa kelas XI di SMK Swasta Parulian 2 Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan lingkungan belajar secara parsial dan simultan terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa kelas kelas XI di SMK Swasta Parulian 2 Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMK Swasta Parulian 2 Medan Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 65 siswa. Sampel penelitian ini adalah sejumlah 65 siswa dengan teknik pengambilan sampel total sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan (observasi), wawancara, dokumentasi dan kuesioner (angket). Uji validitas angket menggunakan rumus product moment pearson dan reliabilitasnya dihitung dengan rumus Cronbach Alpha. Desain penelitian ini adalah regresi linear berganda, untuk menguji penelitian yaitu dengan uji hipotesisnya uji-t dan uji-f. Hasil perhitungan persamaan regresi linear berganda diperoleh hasil yaitu Y = 72,80 + 0,611X1 + 0,593X2. Hasil penelitian secara parsial menunjukan bahwa variabel motivasi belajar (X1) memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar (Y) karena thitung > ttabel atau 4,199 > 1,999. Sedangkan variabel lingkungan belajar memiliki pegaruh signifikan terhadap prestasi belajar (Y) karena thitung > ttabel atau 2,737 > 1,999. Sementara secara simultan variabel X1 dan X2 memilki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar kewirausahaan pada taraf signifikan 95% atau α = 0,05. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan Fhitung yang sebesar 17,48 yang lebih besar dari Ftabel sebesar 3,15 atau Fhitung > Ftabel atau 17,48 > 3,15. Motivasi belajar dan lingkungan belajar memiliki determinasi sebesar 36,1% terhadap prestasi belajar kewirausahaan sisanya yaitu 63,9% dipengaruhi oleh variabel lain diluar analisa penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan kepada kepala sekolah, para guru dan orang tua diharapkan dapat mendorong motivasi belajar yang lebih baik kepada siswa untuk meningkatkan prestasi belajar kewirausahaan siswa dan juga memperhatikan lingkungan belajar siswa sehingga siswa dapat belajar secara nyaman agar proses belajar siswa dapat berlangsung dengan baik, efektif dan efesien.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.421 071 9 Din p |
Keywords: | Motivasi Belajar; Lingkungan Belajar; Prestasi Belajar; Kewirausahaan; Variabel Penelitian |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 08:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14003 |