Munanda, Dana (2014) PENGARUH TINGKAT INTELEGENSI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS MAN PEMATANG BANDAR TAHUN AJARAN 2013-2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103141020 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
7103141020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (556kB) | Preview
7103141020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
7103141020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
7103141020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (426kB) | Preview
7103141020 TABLES.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
7103141020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
7103141020 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (379kB) | Preview
7103141020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (437kB) | Preview
7103141020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (427kB) | Preview
7103141020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
7103141020 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat intelegensi dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS MAN Pematang Bandar Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di MAN Pematang Bandar yang beralamat di Kel. 1 Kec. Pematang Bandar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 95 orang. Sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel total mengambil seluruh populasi menjadi sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi tes intelegensi yang dilaksanakan sekolah untuk variabel intelegensi dan angket untuk variabel motivasi belajar. Teknik analisis data adalah dengan menggunkan regresi linear berganda dan untuk menguji hipotesisnya dengan menggunakan uji-t dan uji-F dengan menggunakan program komputer SPSS versi 21.00.Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel tingkat intelegensi (X1) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan nilai thitung> ttabel yaitu (9,437 >1,990). Varibel motivasi belajar (X2) juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan nilai thitung> ttabel yaitu (4.760 > 1,990). Selain itu ada pengaruh yang positif dan signifikan antara tingkat intelegensi, motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekonomi siswa yang dibuktikan melalui uji koefesien regresi ganda (Uji F) dengan nilai Fhitung> F tabelyaitu 48,247 > 3,10. Variabel independen dalam penelitian ini juga menyumbangkan kontribusi sebesar 51,2% terhadap prestasi belajar ekonomi siswa.Berdasarkan hasil perhitungan di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara tingkat intelegensi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS MAN Pematang Bandar Tahun Ajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Mun p |
Keywords: | Intelegensi; Motivasi Belajar; Prestasi Belajar; Ekonomi; Analisis Data |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 07:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13995 |