Lumban Batu, Mario (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN MELALUI PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP TO GROUP EXCHANGE (GGE) DENGAN GROUP INVESTIGATION KELAS XI SMK NEGERI 1 SIBOLGA TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141124 COVER.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
709141124 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
709141124 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
709141124 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
709141124 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
709141124 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
709141124 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
709141124 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
709141124 BAB I.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
709141124 BAB V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
709141124 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar kewirausahaan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Group To Group Exchange dan Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar Kewirausahaan siswa di kelas XI-TKJ SMK N 1 Sibolga T.P 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 1 Sibolga pada semester genap T.P 2013/2014 dengan subjek siswa kelas XI-TKJ yang berjumlah 36 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan test hasil belajar ( post test dan pre test) dan observasi. Sedangkan tehnik analisis data adalah dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar siswa memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa yaitu Pada siklus I hasil belajar yang diperoleh adalah 56% (20 siswa) dengan rata-rata 76,66, sedangkan pada siklus II terdapat peningkatan yaitu hasil belajar siswa yang diperoleh menjadi 89% (32 siswa) dengan rata-rata 84,72, jadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 33%.Dapat disimpulkan penerapan kolaborasi model pembelajaran Group To Group Exchange dan Group Investigation di kelas XI-TKJ SMK N 1 Sibolga T.P 2013/2014 membuktikan peningkatan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.421 071 9 Bat u |
Keywords: | model pembelajaran; kooperatif; unsur- unsur; tujuan; group to group exchange; group investigation |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 09:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13994 |