Pane, Mastiara (2014) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 9 MEDAN T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7101141019 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
7101141019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
7101141019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
7101141019 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
7101141019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
7101141019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
7101141019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
7101141019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
7101141019 BAB I.pdf - Published Version
Download (519kB) | Preview
7101141019 BAB V.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
7101141019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah motivasi belajar dan pemanfaatan perpustakaan sekolah memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan prestasi belajar Ekonomi Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 9 Medan T.P 2013/2014.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA Negeri 9 Medan T.P 2013/2014 yang berjumlah 104 orang, sedangkan teknik pengumpulan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode total sampling yaitu seluruh siswa kelas X IPS SMA Negeri 9 Medan T.P 2013/2014 yang berjumlah 104 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, dokumentasi, dan angket. Uji validitas untuk analisis butir angket menggunakan rumus korelasi product moment, reliabilitasnya dihitung dengan menggunakan rumus cronbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi normalitas dan uji asumsi linearitas, korelasi berganda, uji t dan uji F. Korelasi rank spearman, variabel Motivasi Belajar (X1) dengan Prestasi Belajar (Y) menunjukan hubungan dalam koefisien rho hitung= 0.099, sedangkan rhotabel=0.364. Maka dalam hal ini rhohitung<rhotabel atau (0.099<0.364) sehingga H0ditolak dan Ha diterima. Jika dibandingkan dengan koefisien interpretasi korelasi, dengan rhohitung =0.099, maka hubungan antara variabel Motivasi belajar dengan variabel Prestasi belajar sangat rendah. Variabel pemanfaatan perpustakaan sekolah (X2) dengan Prestasi Belajar (Y) menunjukan hubungan dalam koefisien rho hitung= -0.049, sedangkan rhotabel=0.364. Maka dalam hal ini rhohitung<rhotabel atau (-0.049<0.364) sehingga H0ditolak dan Ha diterima. Jika dibandingkan dengan koefisien interpretasi korelasi, dengan rhohitung = -0.049, maka hubungan antara variabel pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan variabel Prestasi belajar sangat rendah.Pihak sekolah dan juga guru bidang studi diharapkan memperhatikan dan meningkatkan motivasi belajar siswa serta meningkatkan pemanfaatan perpustakaan sekolah supaya siswa lebih termotivasi dalam belajar dan juga menambah wawasan dalam pendidikan dengan memanfaakan buku-buku di perpustakaan sebagai bahan referensi belajar sehingga dapat mencapai prestasi belajar siswa yang memuaskan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Pan h |
Keywords: | Motivasi Belajar; Aspirasi Siswa; Kemampuan Siswa; Perpustakaan Sekolah; Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 09:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13992 |