Butar- butar, Novita D. (2014) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN KELAS XI DI SMK SWASTA PANCA BUDI MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103341081 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
7103341081 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (550kB) | Preview
7103341081 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
7103341081 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
7103341081 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
7103341081 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7103341081 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
7103341081 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
7103341081 BAB I.pdf - Published Version
Download (479kB) | Preview
7103341081 BAB V.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
7103341081 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
Abstract
Orang tua merupakan pendidik utama dan terutama bagi anak-anaknya. Peranan orang tua dalam membantu anak dalam mengembangkan kemampuan, potensi, dan prestasinya dilakukan sejak anak dilahirkan. Namun sekarang banyak orang tua yang beranggapan bahwa jika anak telah diserahkan ke sekolah maka tanggung jawab dalam mendidik anak sepenuhnya merupakan tugas pihak sekolah. Orang tua hanya memenuhi kewajibannya dalam memperlengkapi fasilitas yang dibutuhkan anaknya tanpa menghiraukan kebutuhan anak yang lainnya seperti pemberian perhatian, motivasi, pola asuh, serta pergaulan anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran kewirausahaan kelas XI di SMK Swasta Panca Budi Medan tahun ajaran 2013/2014.Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini dilakukan pengumpulan data melalui observasi, penyebaran angket dan dokumentasi yang diperoleh dari sekolah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMK Panca Budi yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa 135 orang. Sampel penelitian diperoleh sebanyak 55 orang. Teknik pengambilan sampel di setiap kelas dengan cara random sampling. Metode analisis data yang digunakan adaalah menggunakan rumus regresi linear sederhana, dimana diperoleh persamaan Y= 19,225 + 0,868X yang artinya jika pola asuh orang tua meningkat maka prestasi juga ikut meningkat. Kemudian, pengujian hipotesis dalam penelitian diuji dengan menggunakan uji t (parsial) dimana diperoleh ttabel pada taraf signifikan 95% untuk dk=53 adalah sebesar 2,00, dan diperoleh thitung untuk pola asuh orang tua sebesar 3,985.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran kewirausahaan kelas XI SMK Swasta Panca Budi Medan tahun ajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.421 071 9 But p |
Keywords: | pola asuh orang tua; tipe- tipe; faktor- faktor; prestasi belajar; karakteristik |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 09:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13986 |