Simbolon, Rosy Julia (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS X PEMASARAN DI SMK NEGERI 06 MEDAN T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103341100 COVER.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
7103341100 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
7103341100 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
7103341100 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
7103341100 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
7103341100 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7103341100 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7103341100 BAB I.pdf - Published Version
Download (436kB) | Preview
7103341100 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
7103341100 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media slide terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa kelas X pemasaran di SMK Negeri 06 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014, dimana populasi dalam penelitian ini adalah 70 orang siswa yang terdiri dari 2 kelas, sedangkan samplenya 1 kelompok kelas eksperimen yang berjulah 35 orang siswa menggunakan media slide dan 1 kelompok kelas kontrol yang tidak menggunakan media slide berjumlah 35 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan tes hasil belajar sebagai alat pengumpulan data. Tes tersebut berupa pilihan berganda dengan lima option pilihan yang terdiri dari 20 butir soal. Sebelum instrumen tes digunakan, terlebih dahulu di uji cobakan dengan cara validitas tes, reliabilitas tes. Dan sebanyak 20 soal dikatakan valid dan reliabel sebesar (r11 = 0,757) atau memiliki reliabilitas yang tinggi. Tingkat kesukaran tes, daya pembeda tes. Setelah teknik pengumpulan data selesai, maka diperoleh 20 soal yang akan digunakan dalam analisis data yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil pengujian normalitas adalah untuk kelas eksperimen diperoleh harga Lo=0,0965 dan untuk kelas kontrol Lo = 0,0845. Pada taraf signifikan 5% diperoleh dari harga Lt= 0,1463, dengan demikian kedua sample normal. Sedangkan homogenitas diperoleh bahwa Fhitung = 1,146 < Ftabel = 1,77.Maka kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan media slide memberikan pengaruh yang lebih baik dibanding dengan menggunakan media slide terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa kelas X Pemasaran di SMK Negeri 06 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Terdapat perbandingan antara thitung = 5,972 > ttabel = 1,997.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.421 071 9 Sim p |
Keywords: | Media Pembelajaran; Fungsi; Pengertian; Jenis-jenis; Kriteria Pemilihan; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 08:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13980 |