Syahputra, Dedy (2014) PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR, LINGKUNGAN BELAJAR DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA XI IPS SMA NUSANTARA L.PAKAM T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7102141008 COVER.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
7102141008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (516kB) | Preview
7102141008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
7102141008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
7102141008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
7102141008 TABLES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7102141008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7102141008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7102141008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (559kB) | Preview
7102141008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
7102141008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk apakah ada pengaruh pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar Ekonomi siswa XI IPS SMA Nusantara L.Pakam T.A 2013/2014 ?Penelitian ini dilakukan di SMA Nusantara yang beralamat di Jalan Tengku Raja Muda No.1 Lubuk Pakam dengan populasi sebanyak 86 siswa dan sampel sebanyak 86 siswa karena peneliti mengambil seluruh populasi sebagai sampel. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan angket.Setelah data diperoleh maka pengolahan data menggunakan regresi linier berganda melalui program aplikasi SPSS, diperoleh nilai koefisiensi regresi pemanfaatan perpustakaan sebesar 0,358, koefisiensi regresi lingkungan belajar (b2) = -0,128 dan konstanta regresi a = 37,810. Koefisiensi regresi diatas menunjukan arah pengaruh masing-masing variabel independen terhadap variabel dependen. Menggunakan uji t pemanfaatan perpustakaan (X1) dengan membandingkan thitung dengan ttabel diperoleh thitung = 2,992 > ttabel = 1,663. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel pemanfaatan perpustakaan (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa (Y). Dan uji t lingkungan belajar (X2) dengan membandingkan thitung dengan ttabel diperoleh thitung = -0,545 < ttabel = 1,663. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel lingkungan belajar (X2) tidak berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi siswa (Y). Sementara itu Uji F dilakukan dengan membandingkan antara hasil Fhitung dengan Ftabel. Diperoleh nilai Fhitung = 5,009, sedangkan untuk Ftabel dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh nilai Ftabel = 3,153 (tabel F Statistics). Dapat diketahui yaitu Fhitung = 5,009 > Ftabel = 3,956. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel pemanfaatan perpustakaan (X1) dan lingkungan belajar (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa (Y).Dengan telah mengadakan penelitian ini diharapkan bagi peneliti lain harus mampu meneliti variabel lain yang dapat mempengaruhi prestasi belajar ekonomi siswa, sekolah juga harus bisa mengajak siswa untuk dapat mengoptimalkan perpustakaan sebagai sumber belajar dan juga harus memperhatikan lingkungan belajar siswa agar siswa dapat belajar dengan nyaman untuk mencapai prestasi belajar dengan lebih baik dan bagi universitas diharapkan dapat menambah literatur dalam perpustakaan dan sebagai referensi kepada peneliti yang lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Sya p |
Keywords: | perpustakaan; lingkungan belajar; prestasi belajar; variabel penelitian; analisis data |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 05:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13979 |