Situngkir, Katarina (2014) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLANING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X1 SMA NEGERI 2 BANDAR TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103141068 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
7103141068 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
7103141068 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
7103141068 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
7103141068 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
7103141068 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7103141068 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7103141068 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
7103141068 BAB I.pdf - Published Version
Download (657kB) | Preview
7103141068 BAB V.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
7103141068 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X1 pada kompetensi dasar membedakan peran bank umum dan bank sentral di SMA Negeri 2 Bandar dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Group Investigation dan Student Facilitator and Explaning. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Bandar yang beralamat di jalan Perdangangan , KM. 35 marihat Bandar Kabupaten Simalungun. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X1 yang berjumlah 30 orang siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan kolaborasi model pembelajaran Group Investigation dan Student Facilitator and Explaning. Dalam pengambilan data, teknik yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh aktivitas belajar siswa mencapai 43,33% secara klasikal 2 orang siswa (6,67%) yang tergolong sangat aktif, dan 11 orang siswa (36,67) yang tergolong aktif. Di siklus II terjadi peningkatan keaktifan klasikal menjadi 80% yaitu 4 orang siswa (13,33%) yang memperoleh criteria sangat aktif dan 20 orang siswa (66,67%) yang tergolong aktif. Untuk perolehan hasil belajar di siklus I, terdapat 16 siswa yang memperoleh nilai tuntas atau sekitar 53,33% dengan nilai rata – rata 60,33. Dan setelah siklus II, ketuntasan belajar klasikal mencapai 86,67% (26 orang siswa) dengan nilai rata – rata 74,60. Ini berarti perolehan hasil belajar pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 33,34% dari siklus I. Terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan antara hasil belajar siklus I dengan siklus II dimana thitung = 6,44 > ttabel = 2,04. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus II telah diperoleh ketuntasan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa. Berdasarkan analisis di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Group Investigation dan Student Facilitator and Explaning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar membedakan peran bank umum dan bank sentral di kelas X1 SMA Negeri 2 Bandar Tahun Ajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Sit p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Group Investigation; Student Explaining and Facilitator; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 08:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13976 |