Butarbutar, Barita (2014) HUBUNGAN LINGKUNGAN KELUARGA DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 1 SIANTAR TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103341013 COVER.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
7103341013 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (851kB) | Preview
7103341013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
7103341013 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
7103341013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
7103341013 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7103341013 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
7103341013 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7103341013 BAB I.pdf - Published Version
Download (493kB) | Preview
7103341013 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
7103341013 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam Penelitian ini adalah 1) apakah ada hubungan lingkungan keluarga dengan prestasi belajar siswa, 2) apakah ada hubungan disiplin belajar dengan prestasi belajar siswa, 3) apakah ada hubungan lingkungan keluarga dan disiplin belajar dengan prestasi belajar siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Siantar Tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan lingkungan keluarga dan disiplin belajar dengan prestasi belajar siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Siantar Tahun pelajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA negeri 1 Siantar yang berjumlah 138 siswa. Dan sampel yang diambil secara acak sebanyak 56 siswa.teknik pengumpulan data yang menggunakan angket dan dokumentasi. Validitas angket diuji dengan rumus product moment sedangkan reliabilitas angket diuji dengan menggunakan rumus alpha. Untuk menguji hipotesis 1 dan 2 digunakan rumus koefisien korelasi sederhana sedangkan untuk menguji hipotesis 3 digunakan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dengan prestasi belajar siswa dengan nlai rhitung = 0,493 > rtabel = 0,266 . 2) ada hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar siswa dengan nlai rhitung = 0,531 > rtabel 0,266 . 3) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dan disiplin belajar dengan prestasi belajar siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Siantar Tahun pelajaran 2013/2014 dengan nilai Fhitung = 13,36 > Ftabel = 3,17Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dan disiplin belajar dengan prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Siantar Tahun Pelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 But h |
Keywords: | Lingkungan Keluarga; Prestasi Belajar; Keadaan Ekonomi Keluarga; Kebudayaan; Disiplin Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 08:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13972 |