Tampubolon, Andario (2014) PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA SANTO THOMAS 4 BINJAI TP. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103341007 COVER.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
7103341007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (409kB) | Preview
7103341007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
7103341007 ABSTRAC.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
7103341007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
7103341007 TABLES.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
7103341007 APPENDIX.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
7103341007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (425kB) | Preview
7103341007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
7103341007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis : 1) Mengetahui pengaruh kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Santo Thomas 4 Binjai TP. 2013/2014. 2) Mengetahui pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Santo Thomas 4 Binjai TP. 2013/2014. 3) Mengetahui pengaruh kompetensi guru dan pemanfaatan fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Santo Thomas 4 Binjai TP. 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 40 orang siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan metode wawancara, dokumentasi, dan angket. Validitas data menggunakan uji validitas dengan rumus korelasi product moment dan reliabilitas dengan rumus alpha cronbach. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linier berganda dengan persamaan Y= a+ b1X1 + b2X2 dan untuk menguji hipotesis digunakan uji t dan uji F secara statistic dengan SPSS 18.00 Setelah dilakukan analisis data diperoleh persamaan yakni Y= 67.634 +0.256X1+0.332X2. Sedangkan pengujian hipotesis pertama dan kedua dalam penelitian ini diperoleh dengan uji t, dimana hipotesis pertama nilai kompetensi guru sebesar thitung 2.433 > ttabel 2.021 dengan taraf signifikan sebesar 0.011 < 0.05. Untuk pengujian hipotesis kedua diperoleh nilai pemanfaatan fasilitas belajar sebesar thitung 2.846 > ttabel 2.021 dengan taraf signifikan sebesar 0.007 < 0.05. Dan untuk pengujian hipotesis ketiga diperoleh dengan uji F, dimana nilai fhitung sebesar 4.020 sedangkan ftabel pada α = 0.05 adalah sebesar 3.24 dengan demikian fhitung 4.020 > ftabel 3.24 dengan nilai probalitas sig F adalah sebesar 0.025 < 0.05. Koefisien determinasinya yaitu dengan nilai 0.181 artinya kedua variabel ini sama-sama mempengaruhi prestasi belajar ekonomi sebesar 18.1 %. Simpulan penelitian ini adalah : 1) Kompetensi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Santo Thomas 4 Binjai TP.2013/2014. 2) Pemanfaatan fasilitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Santo Thomas 4 Binjai TP.2013/2014.3) Kompetensi guru dan pemanfaatan fasilitas belajar secara bersama-sama juga berpengaruh positif dan siginifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Santo Thomas 4 Binjai TP.2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Tam p |
Keywords: | kompetensi guru; fasilitas belajar; belajr; prestasi belajar; analisis data |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 05:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13971 |