Wulandari, Melisa (2014) PENGARUH KONSEP DIRI DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA SWASTA SINAR HUSNI MEDAN PROGRAM STUDI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL TAHUN AJARAN 2013-2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7101141021 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
7101141021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (493kB) | Preview
7101141021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
7101141021 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
7101141021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
7101141021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7101141021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7101141021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
7101141021 BAB I.pdf - Published Version
Download (570kB) | Preview
7101141021 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
7101141021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (491kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya konsep diri dan pola asuh orang tua siswa yang berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Swasta Sinar Husni Medan tahun ajaran 2013-2014. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsep diri dan pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Swasta Sinar Husni Medan tahun 2013-2014. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 49 orang. Sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel total karena jumlah populasi kurang dari 100 orang sehingga sampel yang digunakan adalah sampel total yaitu mengambil seluruh jumlah populasi yang ada. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi, observasi dan angket. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan angket. Uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji relibilitas nya menggunakan rumus cronbach alpha. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi normalitas, uji linearitas, uji regresi berganda, uji t, dan uji F serta uji determinasi (R2) Varibel konsep diri (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan nilai thitung > ttabel yaitu 5,893 > 2,013). Varibel pola asuh orang tua (X2) juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan nilai thitung > ttabel yaitu (2,174 > 2,013). Selain itu ada pengaruh yang positif dan signifikan antara konsep diri, pola asuh orang tua secara bersama – sama terhadap prestasi belajar ekonomi siswa yang dibuktikan melalui uji koefesien regresi ganda (Uji F) dengan nilai Fhitung > F tabel yaitu 21,396 > 3,19. Variabel dependen dalam penelitian ini juga menyumbangkan kontribusi sebesar 48,2% terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Siswa diharapkan mampu mengetahui, memahami dan membentuk konsep diri nya sebagai modalitas belajar dalam mencerna informasi dan menyampaikan informasi pada setiap materi pelajaran sehingga mampu meningkatkan prestasi belajar ekonomi. Konsep diri yang positif berpotensi memiliki prestasi belajar yang tinggi dan pola asuh orang tua juga berpotensi untuk meningkatkan semangat siswa untuk meraih prestasi belajar yang tinggi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Wul p |
Keywords: | konsep diri; komponen konsep diri; pembentukan; pola suh orang tua; prestasi belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 08:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13970 |