Hasibuan, Siti Khodijah (2014) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA MADRASAH ALIYAH SWASTA (MAS) YAYASAN PENDIDIKAN RAUDHATUL AKMAL KECAMATAN BATANG KUIS KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7101141033 COVER.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
7101141033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (531kB) | Preview
7101141033 PREFACE.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
7101141033 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
7101141033 TABELS.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
7101141033 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
7101141033 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
7101141033 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
7101141033 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
7101141033 BIOGRAPY.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar ekonomi siswa kelas X Madrasah Aliyah Swasta Pendidikan Raudhatul Akmal Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang T.A 2013.2014. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Swasta Pendidikan Raudhatul Akmal Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang dimana populasi yang diambil adalah kesulurhan kelas X, dengan jumlah 36 siswa, dan selanjutnya teknik pengambilan sampel yaitu total sampling dimana seluruh jumlah dari populasi dijadikan sampel yaitu berjumlah 36.Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket untuk melihat motivasi belajar siswa, sedangkan untuk melihat hasil belajar menggunkan dokumentasi. Kemudian angket diuji coba validitas dan reliabilitasnya. Dari 25 butir angket motivasi belajar diperoleh 19 butir item yang dinyatakan valid dan 6 butir dinyatakan tidak valid. Teknik analisis data yang digunakan untuk melihat hubungan antara variabel motivasi belajar (X) dengan variabel hasil belajar (Y) menggunakan Korelasi Product Moment dan diperoleh rhitung > rtabel atau 0,379 > 0,329. Dan untuk perhitungan hipotesis menggunakan uji t. Dari perhitungan koefisien yang dilakukan diperoleh thitung = 2,41 dan ttabel 1,691 dengan demikian thitung > ttabel. Angka tersebut menunjukkan hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar. Dapat disimpulakan bahwa hipotesis yang menyatakan ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas X Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Yayasan Pendidikan Raudhatul Akmal Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2013/2014 dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Has h |
Keywords: | Motivasi; Belajar; Hasil Belajar; Variabel Penelitian; Dokumentasi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 05:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13969 |