Ujung, Ramona (2014) PENGARUH FASILITAS DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA SMA SWASTA NUSANTARA LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7102141037 COVER.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
7102141037 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (407kB) | Preview
7102141037 PREFACE.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
7102141037 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
7102141037 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
7102141037 TABEL.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
7102141037 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
7102141037 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7102141037 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
7102141037 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
7102141037 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah fasilitas belajar dan lingkungan belajar siswa memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2013/2014 yang berjumlah 192 orang, sedangkan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling dimana diambil sampel sebanyak 25% dari tiap–tiap kelas dan diperoleh sebanyak 50 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, dokumentasi dan angket. Uji validitas untuk analisis butir angket menggunakan rumus korelasi product moment, reliabilitasnya dihitung dengan menggunakan rumus cronbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda , uji t dan uji F. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan program SPSS 17.0, diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = 28,378 + 0,662 X1 + 0.102 X2 . Selanjutnya variabel fasilitas belajar (X1) memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar siswa dimana t hitung sebesar 3,621 dengan nilai Sig < 0,05 atau (0.001 < 0,05), dan lingkungan belajar (X2) menunjukkan pengaruh yang tidak signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dimana t hitung sebesar 0,625 dengan nilai sig > 0,05 (0,535 > 0,05). Secara bersama sama fasilitas belajar dan lingkungan belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai F hitung sebesar 77,669 dengan nilai sig < 0,05 atau (0,000 < 0,05). Persentase sumbangan Fasilitas belajar dan dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa sebesar 77,6%.Dapat disimpulkan bahwa fasilitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi kelas X siswa SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam, sedangkan lingkungan belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Uju p |
Keywords: | Fasilitas Belajar; Lingkungan Belajar; Prestasi Belajar; Uji Instrumen Angket; Analisis Regresi Linear |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 04:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13967 |