Siahaan, Mahmud (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS XI IPS SMA N 1 BALIGE TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103141076 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
7103141076 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (415kB) | Preview
7103141076 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
7103141076 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
7103141076 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
7103141076 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7103141076 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7103141076 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7103141076 BAB I.pdf - Published Version
Download (422kB) | Preview
7103141076 BAB V.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
7103141076 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Balige tahun ajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA N 1 Balige dengan menggunakan Model PembelajaranProblem Based Learning (PBL).Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Balige Jl Kartini Soposurung Balige. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA N 1 Balige yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI IPS1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 orang dan XI IPS2 sebagai kelas Eksperimen yang berjumlah 34 orang. Dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah semua jumlah populasi, karena disini peneliti menggunakan total sampling dimana jumlah populasi sama dengan jumlah sampel 68 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa dalam bentuk tes yaitu pilihan berganda sebanyak 10 butir soal, dimana sebelumnya telah diuji cobakan untuk mengetahui tingkat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran tes, dan daya beda tes.Dari teknik analisi data dengan menggunakan Statistical Product and Service Solution (SPSS) 20 for windows diperoleh nilai rata – rata (mean) siswa kelas eksperimen dengan menggunakan model PembelajaranProblem Based Learning (PBL) pre test sebesar 64,11 dan rata-rata pos test 84,41 sedangkan hasil belajar kelas kontrol yang menggunakan model konvensional diperoleh rata-rata pre test sebesar 57,64 dan rata-rata pos test sebesar 75,29. Hipotesis penelitian ini diuji dengan menggunakan uji t dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh nilai t hitung sebesar 2,801 dengan sig sebesar 0,007<0,05. Berarti hipotesis alternatif diterima Ha dan tolak Ho.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang diajar dengan mengunakan model Problem Based Learning dan model pembelajaran konvensional pada kompetensi Bank dan lembaga keuangan lainnya di kelas XI IPS SMA N 1 Balige Tahun Ajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Sia p |
Keywords: | hasil belajar; model pembelajaran; langkah- langkah; keunggulan dan kelemahan; model konvensional |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 07:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13966 |